Beberapa waktu yang lalu, terdapat artikel di situs ini yang mengungkapkan aksesoris yang wajib dimiliki oleh pemilik Smartphone. Salah satu aksesoris yang ada dalam daftar aksesoris wajib ini adalah Earphone. Sayangnya, untuk Anda pengguna smartphone apple, iPhone yang rajin meng-upgrade gadget Anda dengan versi terbaru, Anda harus bersiap untuk tidak dapat menggunakan aksesoris ini lagi. Hal ini disebabkan adanya informasi bila iPhone 7 akan hadir tanpa port audio 3,5 mm.

Menurut kabar ini, pihak Apple ingin membuat produk Smartphone terbaru mereka menjadi lebih tipis. Salah satu caranya adalah dengan menghilangkan port audio 3,5 mm ini.

Yang menarik, konsep ini sudah digunakan terlebih dahulu oleh produsen Smartphone asal China, Oppo. Perusahaan ini mengaplikasikannya pada produk Smartphone Android mereka, yaitu Oppo R5. Pada produk ini, Oppo mengganti port audio 3,5 mm ini dengan port USB. Dengan cara ini pula, mereka dapat membuat produk ini menjadi sangat tipis dengan ketebalan hanya 4,8 mm.

Bagaimana dengan Apple? Setelah memutuskan menggunakan materi layar OLED, Apple akan mengganti port audio klasik ini dengan port yang lebih canggih. Port yang dimaksud adalah port dengan teknologi port Lightning.

Inovasi ini diklaim Apple akan dapat mengurangi ketebalan dari produk iPhone terbaru mereka, yaitu iPhone 7 sebesar 1 mm. Artinya, bila dibandingkan dengan produk seri sebelumnya, yaitu iPhone 6S yang mempunyai ketebalan 7,08 mm, dipastikan smartphone apple ini akan lebih tipis.

Untuk mengurangi ketebalan produk baru ini, Apple juga mengubah letak dari hardware DAC (Digital to Analog Converter) yang berada di dalam ponsel pintar. Hardware ini nantinya akan diletakkan di dalam headphone atau earphone yang digunakan. Hal ini berarti, pengguna iPhone 7 hanya akan dapat menggunakan headphone atau earphone bawaan dari iPhone 7 atau yang dijual tersendiri oleh Apple.

Pihak Apple mengungkapkan, bila pengguna earphone atau headphone konvensional masih dapat menggunakan aksesoris tersebut. Namun, mereka juga harus memasang konverter untuk dapat digunakan pada port yang tersedia.

Atau, pengguna juga dapat menggunakan earphone atau heaphone wireless. Jadi, mereka dapat menggunakan earphone dan headphonemereka melalui Bluetooth.

Bila fitur baru ini benar-benar diaplikasikan pada iPhone terbaru, maka para pengguna iphone akan dapat merasakan sensasi baru dari gadget ini. Mungkin juga, teknologi baru ini akan dapat menghasilkan suara yang lebih berkualitas daripada penggunaan earphone atauheadphone pada port audio 3,5 mm.

 

Tetapi, Anda tidak perlu khawatir mengenai kabar ini. Kabar ini masih dapat dikatakan rumor, jadi belum ada jaminan, bila smartphone apple terbaru nanti benar-benar akan hadir tanpa port audio 3,5 mm. Pihak Apple juga belum mengonfirmasi hal ini. Demikian Untuk Blog Earphone Tidak dapat Digunakan Pada Smartphone Apple Terbaru?  Semoga Bemanfaat :)

 

Sumber Dari bedatekno.com