Sebuah perangkat elektronik akan bekerja secara optimal apabila saling melengkapi dan berkesinambungan antar komponen-komponen. Contoh kecilnya adalah tubuh manusia, seumpama tubuh manusia tidak mempunyai kaki pasti tubuh ini tidak bisa berjalan walaupun mungkin bisa menulis, membaca, makan, minum dan masih banyak yang lainya. kamera CCTVpun juga demikian, kamera CCTV tidak akan bisa bekerja sendiri tanpa ada komponen pendukung lainya, kalau hanya sebuah kamera tanpa ada layar monitor maka CCTV tidak fungsi baik. Namun dua komponen ini masih belum cukup, kamera CCTV masih membutuhkan bantuan dari komponen lain seperti DVR dan sebagainya.

Hubungan antara DVR dan CCTV adalah hubungan yang paling penting dan harus ada dalam sisitem CCTV, karena tugas DVR adalah menyambungkan rekaman kamera CCTV ke layar monitor. Tanpa adanya DVR kamera ini bukanlah apa-apa melain seperti kamera biasa yang hanya mampu mengawasi tapi tidak bisa merekam. Nah……………..!!! dari itu DVR diciptakan untuk mendukung kinerja kamera pengawas CCTV. DVR  dan CCTV seperti ada hubungan khusus dan tak bisa dipisahkan dan digantikan dengan komponen apapun.

DVR memang hebat, dia bekerja keras demi teman dekatnya (CCTV) yaitu menjaga rekaman kamera CCTV dalam monitor agar tetap aman. DVR juga bekerja keras menampilkan semua kinerja dari kamera CCTV secara optimal. Dengan DVR kamera  CCTV akan menangkap setiap objek dengan baik dan menghasilkan proporsi video yang direkam secara optimal, bahkan dengan adanya DVR kamera CCTV dapat dihubungkan ke INTERNET.

Sebuah kamera CCTV tidak hanya mengawasi dan merekam objek ditempat tertentu, namun juga berfungsi untuk menyimpan hasil rekaman secara optimal yang tersimpan dalam HARDDISK, contohnya adalah computer, computer dibekali media dengan tempat penyimpanan dan kapasitas terbatas. DVRpun juga demikian mempunyai kapasitas tertentu dan terbatas, apabila kapasitasnya penuh maka perlu dilakukan pemindahan kapasitas yang terpakai oleh media lain.

Kebanyakan orang di Indonesia belum mengenal bahkan tidak mengenal sama sekali apa itu DVR. Sangat disayangkan kalau hanya mengenal kamera CCTV tanpa mengenal komponen penting lainya seperti DVR yang yang berperan besar dalam kinerja dan keberhasilan kamera CCTV itu sendiri.

Sebelum mengenal lebih jauh tentang DVR, pasti ada pertanyaan kenapa dan bagaimana satu layar monitor bisa mengawasi dan merekam banyak tempat. Anda tentu pernah melihat satu layar monitor CCTV yang terbagi menjadi beberapa bagian bahkan sampai banyak bagian yang merekam tempat yang berbeda. Memang, satu layar monitor sekarang cukup untuk menayangkan dari beberapa kamera CCTV, namun satu kamera CCTV tidak bisa merekam beberapa tempat dengan bersamaan.

Jika anda berencana memasang kamera CCTV di Rumah anda karena mungkin Rumah anda rawan pencurian maka dalam hal ini DVR akan berperan baik dan penting. Andapun tidak akan capek mengawasi monitor karena hanya dengan satu monitor bisa melihat seluruh bagian seisi Rumah. Tapi apa jadinya dalam system CCTV tidak adanya DVR pasti anda membutuhkan monitor yang sangat banyak sesuai dengan kamera CCTV yang terpasang.

Dukungan dari DVR membuat kinerja kamera CCTV jadi lebih akurat dalam mengawasi dan menjaga. Dari itu, apabila di Rumah anda sudah ada kamera CCTV hendaknya dilihat sudah berapa banyak kapasitas DVR yang terpakai, dan apabila sudah hampir penuh atau bahkan sudah penuh segeralah pindah ke HARDDISK yang baru. Dan tentunya rekaman harus dipilih mana yang dianggap penting dan mana yang tidak penting.