Setelah anda mengerti betul bagaimana sebuah prinsip kerja berikut cara pemasangannya dengan benar, kini saatnya anda mulai proses cetak untuk kebutuhan pabrik, retail, gudang, atau terserah untuk apa alat tersebut di gunakan.

Ternyata saat proses print, hasil tidak seperti yang diharapakan tulisan loncat sana-loncat sini, geser atas geser bawah. Sehingga mau “berurusan” dengan yang namaya printer barcode sudah ill fill duluan, “ah .. ribet amat ya…” sebenarnya keluhan tersebut tidak harus keluar. Karena tidak mungkin sebuah Pabrik mencipatakan alat yang faktanya paling banyak digunakan untuk dunia industri dan retail, susah digunakan. ini alatnya yang error atau orangnya yang error :D (just kidding).

Ok, langsung saja tidak mau berlama-lama dengan trial n error. Ini pengalaman pribadi saya yang sempat capek ketika pertama kali “kenalan” dengan alat ini.

Cara mengatasi Print Lompat-lompat hanya dengan tombol Feed/Calibration

  1. Pastikan lampu indikator di bagian depan printer barode posisi standby, 3 lampu panel/ indikator menyala dan tidak kedip. Itu berarti kondisi printer SIAP di gunakan.
  2. Periksa kembali pemasangan ribbon dan kertas label, pastikan pemasangan sudah pada posisi yang benar, posisi gulungan yang penuh memutar ke arah gulungan yang kosong.
  3. Jika menggunakan label black mark, pastikan posisi black mark pada label melawati sensor paper di bagian bawah jalur yang dilewati label. Untuk Printer barcode yang memiliki reflective sensor adjudtable seperti Postek, aturlah  geser posisi sensor paper ke kiri atau ke kanan sampai posisi nya sejajar dengan black mark pada label.
  4. Setelah penyesuaian diatas dilakukan pastikan kembali posisi pengunci ribbon sudah benar, kemudian tekan dan tahan tombol cancel sampai ke tiga lampu indikator berkedip, jika sudah berkedip lepas tombol cancel. Kemudian tekan tombol feed 1 kali.
  5. Untuk memastikan bahwa proses kalibrasi berhasil, ketika posisi ke tiga lampu indikator sudah kembali standby ( ketiga lampu indikator menyala) tekan tombol feed. Jika ada lampu indikator yang berkedip, berarti proses kalibrasi gagal. Ulangi langkah diatas untuk proses kalibrasi ulang.pastikan sampai kalibrasi berhasil.
  6. Proses kalibrasi sudah berhasil, maka printer siap untuk di gunakan.
  7. Ulangi langkah-langkah di atas jika hasil print yang ke sekian kali masih di rasa bergeser atau lompat yang terlalu jauh.