Luar biasa. Salah satu Kota besar di Indonesia terutama Jawa Timur sekarang sudah menggunakan jasa pengawas kamera CCTV untuk pengawasan kotanya, Kota ini adalah kota Bojonegoro. Hal ini sangat luar biasa sekali, pasalnya pemerintahan Kota Bojonegoro bisa dijadikan sebagai contoh dan panutan untuk Pemerintahan Daerah lain di Pulau Jawa bahkan seluruh Indonesia.

Kota-kota besar di Indonesia pastinya akan lebih maju jika meniru apa yang dilakukan Pemerintahan Kota Bojonegoro, karena dengan menggunakan kamera CCTV itu membuktikan bahwa Pemerintahan ini peduli kepada masyarakat.

Selain itu, dengan adanya kamera CCTV Pemerintahan bisa menetralisir terjadinya tindak kejahatan dikawasan perkotaan, karena dengan kamera CCTV para keamanan Kota lebih leluasa dan dimudahkan dalam pengawasan kota, tanpa harus berkeliling setiap waktu.

Salahsatu Negara besar di Dunia yaitu China sekarang sudah berfikir maju dan cerdas karena Pemerintahan Negara China sekarang sudah memasang kamera CCTV disemua sudut Kotanya. Pemerintahan Negara China beranggapan bahwa kamera CCTV selain penggunaanya yang praktis CCTV juga dianggap system keamanan dan pengawasan yang paling efektif dan efisien.

Sedangkan di Indonesia, masih jarang Kota-kota besar yang memasang kamera CCTV untuk keamanan dan pengawasan terhadap warganya, bahkan dari ratusan Kota di Indonesia yang memasang CCTV untuk pengawasan dan keamanan Kota bisa dihitung dengan jari tangan, salah satunya adalah Kota Bojonegoro.

Dampak positif dalam pemasangan kamera CCTV untuk Kota sangat dirasakan warga di Kota Bojonegoro, sekarang warga di Kota Bojonegoro merasa lebih aman dari kejahatan dijalanan misalnya penjambretan, perampokan dan tindak kriminalitas lainya, bahkan pihak keamanan Kota seperti Kasatlantas Polres Bojonegoro mengatakan, dengan kamera CCTV bisa memantau aktifitas warga dikeramaian terutama dijalanan, dan kasatlantas dimudahkan oleh kamera CCTV dalam pengawasan diseluruh Kota terutama yang padat kendaraan dan rawan kejahatan.

Seperti halnya pos-pos keamanan yang ada di Kota, mereka bisa leluasa mengawasi kepadatan lalu lintas, apabila terjadi kemacetan mereka bisa melihat area mana yang macet, dan Satlantas dengan cepat dapat mengamankan dan mengatur dengan terjun langsung ketempat kemacetan.

Dari artikel diatas dapat disimpulkan bahwa kamera CCTV sangat penting untuk semua tempat yang dianggap penting yang perlu diawasi dan dilindungi, dan dengan kamera CCTV juga, kita dapat mengawasi seseorang terutama orang-orang yang kita cintai dan kita sayangi.