Cash drawer merupakan tempat menyimpan uang dan menjadi bagian dari mesin kasir, umumnya disebut sebagai laci kasir yang terbuat dari besi tipis dan terdapat beberapa slot yang berfungsi untuk menyimpan uang berdasarkan jenis pecahan dari hasil transaksi.

Penggunaan mesin ini sebenarnya bukan menjadi bagian mutlak dari sebuah mesin kasir karena fungsinya dapat digantikan oleh laci meja kasir biasa. Perbedaan antara cash drawer dan lacikasir biasa adalah penggunaan software yang dapat secara otomatis membuka dan menutup laci ketika transaksi selesai.

Sedangkan untuk tingkat keamananya cash drawer juga lebih unggul dibanding laci kasir karena dilengkapi 3 position lock yang terhubung dengan system komputerisasi, berbeda dengan laci kasir biasa yang hanya memakai kunci manual.

Terlepas perlu atau tidaknya pemakaian cash drawer tergantung pada kebutuhan Anda dalam menjalankan bisnis tetapi alat ini memang sangat membantu dalam memudahkan kinerja kasir dalam melayani konsumen. Tetapi sebelum Anda membeli cash drawer tersebut ada baiknya perhatikan hal-hal berikut ini.

1.     Lihat seberapa banyak kebutuhan Anda akan slot yang terdapat dalam cash drawer karena hal ini dapat dijadikan ukuran untuk penempatan laci kasirnya.

2.     Selain itu juga pertimbangkan berapa banyak counter yang akan Anda pakai dalam toko Anda

3.     Perhatikan juga bahan dasar dari cash drawer tersebut karena ada yang terbuat dari besi atupun plastic dan biasanya yang terbuat dari pelastik lebih ringkih digunakan.

4.     Terakhir adalah lihat seberapa lama garansi diberikan.

Umumnya cash drawer yang bermassa berat dilengkapi dengan bantalan baja pada pinggirnya serta tahan lama dan tidak ringkih. Mesin cash drawer tersebut cocok untuk pemakaian dengan transaksi yang sibuk.