Berbagai jenis pita ribbon banyak ditawarkan dan pemilihan pita tersebut sangat tergantung pada pemilihan label ribbon atau kertas yang akan digunakan untuk mencetaknya, karena menetukan hasil cetakan dan ketahananya. Setiap akan mencetak maka Anda memerlukan lilin sebagai bahan dasar mencetak pada label. Berikut ini adalah perbedaan antara ketiganya:

  1. Wax

Wax atau lilin merupakan pita lilin yang relative murah dengan ketahanan hasil cetakan yang bisa dibilang standar karena pita lilin tersebut sangat rentan terhadap noda dan goresan. Tetapi ada cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja wax tersebut yaitu dengan cara mengupgradenya dengan memakai lilin resin.

Pita lilin ini baik jika digunakan untuk mencetak label pengiriman, label surat, label produk, label gudang, harga tiket dan label ritel. Selain itu lilin pita ini cocol jika mencetak menggunakan kertas semicoat

  1. Wax resin

Wax resin merupakan lilin dengan bahan resin yang ketahananya lebih baik dibandingkan dengan lilin pita, selain itu juga lilin resin tahan terhadap noda, wax resin ini terbuat dari penggabungan antara lilin dan resin. Lilin resin ini lebih banyak digunakan untuk mencetak label kertas, selain itu juga sering dipakai untuk label silver matt karena tahan terhadap bahan kimia dan suhu panas.

Wax resin ini cocok digunakan untuk mencetak label gudang, label kesehatan, dll. Selain itu label yang biasa digunakan adalah kertas semi gloss atau label silver matt.

  1. Resin

Pita resin adalah jenis pita yang paling baik, pita ini tahan terhadap goresan dan bahan kimia, selain itu resin merupakan pilihan yang baik untuk mencetak label syntetic karena cetakan harus tahan pada lingkungan anti air, abrasi, suhu ekstrem serta bahan kimia. Pita resin ini sangat bagus untuk mencetak label tekstil atau garmen, label drum, label otomotif, label farmasi dan alat kesehatan.