Barcode dibuat tidak sama satu sama lainya tetapi berdasarkan apa yang dibutuhkan oleh pengguna sehingga simbolisasi teknologi yang digunakanpun juga berbeda. Ada hal yang perlu Anda tau bahwa jika label barcode dipaksakan untuk dapat bertahan pada suhu 38°C maka label barcode tersebut akan rusak, kecuali jika memang barcode yang Anda pakai memang harus berada dalam lingkungan yang panas maka Anda perlu mencari label barcode yang tepat dengan kebutuhan Anda.

Ketika label barcode regular dicetak pada suhu tinggi maka label tersebut akan menyusut, rusak, mengelupas dan dapat berubah warna. Efek dari kejadian tersebut dapat menjadikan label barcode tidak dapat discan oleh barcode scanner, selain itu bahan perekat yang berada di balik label barcode harus dapat menahan suhu tinggi karena jika tidak dapat menahan maka perekat tersebut akan menjadi rusak.

Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui lingkungan dimana label barcode akan digunakan, apakah akan berada pada suhu panas atau suhu standar. Hal tersebut penting bagi Anda karena dapat mencegah kerusakan label barcode yang mengakibatkan tidak terdeteksi label barcode Anda dengan barcode scanner yang dimiliki.