Cara Membuat Skema rangkaian Converter 12V DC Ke 24V DC – Skema rangkaian converter di gambar di bawah berperan untuk merubah tegangan/voltage DC 12 volt jadi tegangan/voltage DC 24 volt. Skema rangkaian converter DC to DC tersebut benar-benar sederhana & memakai komponen yg gampang didapat. Skema rangkaian converter tegangan/voltage DC tersebut pun dimaksud sbg boster tegangan/voltage DC 12 volt ke 24 volt. Skema rangkaian DC to DC converter tersebut memakai 2 buah transistor, sebuah transformer & dioda bridge sbg komponen intinya. Gambar skema rangkaian & daftar komponen untuk membuat skema rangkaian converter 12V DC ke 24V DC bisa di lihat pada gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Converter 12V DC Ke 24V DC

500


Skema rangkaian converter DC ke DC di atas beroperasi dngn tegangan/voltage sumber 12 volt DC & bakal memberikan output 24 volt DC. Prinsip kerja dari skema rangkaian converter DC ke DC di atas yaitu merubah tegangan/voltage DC menadi tegangan/voltage AC lalu menyearahkan tegangan/voltage AC itu jadi tegangan/voltage DC dngn level tegangan/voltage yg lebih tinggi. Pada dasarnya skema rangkaian converter DC ke DC di atas merubah tegangan/voltage DC 12 volt jadi tegangan/voltage AC 24 volt dngn wujud gelombang persegi lalu menyearahkan tegangan/voltage AC gelombang persegi jadi tegangan/voltage DC 24 volt mengunakan dioda bridge & kapasitor/kondensator.

Di skema rangkaian converter DC 12V ke DC 24V di atas, transistor Q1 & Q2 bakal bekerja dengan cara bergantian untuk menginduksi transformer sisi CT dngn tegangan/voltage DC 12 volt. Sistem tersebut bakal berjalan terus-terusan lantaran di transformer di buat jaringan umpan balik (feedback) yg bakal berikan bias basis ke Q1 & Q2 dengan cara bergantian. Di waktu transistor Q1 & Q2 berikan tegangan/voltage induksi ke transformer, maka output kumparan CT bakal berikan tegangan/voltage 12 V AC yg yang sama-sama berkebalikan fasa. Hingga tegangan/voltage antar ke-2 ujung itu jadi 24 volt AC, lalu disearahkan jadi tegangan/voltage DC 24 volt.