cctv adalah kamera yang sering digunakan untuk mengawasi keaadaan, biasanya digunakan untuk mengawasi kinerja karyawan, dan merekam tindak kejahatan yang terjadi. seiring berjalanya waktu kamera cctv mulai dibuat lebih canggih , seperti bisa langsung merekam tanpa dvr..  dvr atau kepanjangan dari digital video recorder adalah alat yang akan menyimpan hasil rekaman cctv kedalam hardisk. hardisk yang biasanya digunakan adalah jenis hardisk komputer. tanpa dvr, cctv biasa tidak akan berfungsi.. namun, ada sebuah cctv yang mampu merekam tanpa dvr. namun, sebagai gantinya, media penyimpananya menggunakan sebuah memory card micro sd.. cara menggunakanya cctv jenis memory card ini pun cukup mudah.. pengguna hanya perlu menancapkan memory card dan sambungkan kabel usb kedalam charger. ( termasuk dalam paket pembelian ) atau laptop dan komputer  dan anda dapat langsung merekam dan mengawasi tempat usaha anda.  cctv ini selain murah , juga telah di lengkapi denga fitur infrared, dengan adanya fitur ini, pengguna dapat merekam gambar di tempat yang gelap dan minim pencahayaan. seperti didalam gudang dan ruangan gelap..
 

ada dua cara untuk melihat hasil rekaman video cctv ini:

cara pertama, anda dapat mengambil memory card micro SD yang tertanam didalam kemera cctv ini.. dan langsung memasukkannya kedalam smartphone android, ataupun anda membacanya dengan card reader dan menancapkanya di USB komputer.. cara pertama pastinya akan ribet, karena anda harus naik turun mengambil micro sd di cctv, mengingat kamera cctv pasti di letakkan di tempat yang tinggi.

jika cara pertama memang terlihat rumit dan ribet. anda dapat menggunakan cara yang kedua..
cara yang kedua adalah dengan mencolokkan kabel usb kedalam laptop atau komputer anda. dengan begitu anda bisa langsung melihat file yang tersimpan.. karena kabel usb di cctv ini hanya sepanjang seperempat meter.. pastinya kabel usb tidak akan sampai ke komputer atau laptop anda.. mengingat cctv pasti di letakkan di tempat yang tinggi.. untuk itu, saya menyarankan anda menggunakan kabel usb extender.. dengan kabel  ini, anda dapat memanjangkan kabel USB pada cctv sehingga langsung tercolokkan ke komputer anda..
durasi rekaman tergantung dari kapasitas memory yang anda masukkan, dan anda tidak perlu khawatir kamera akan berhenti merekam karena memory terlalu penuh, karena secara otomatis, system kamera cctv ini akan langsung menghapus file lama ..canggih bukan.. jadi anda hanya perlu mengambil file yang menurut anda penting..sedangkan file yang tidak begitu penting , bisa langsung terhapus..

microsd 4 GB mampu merekam video berdurasi 40 jam.
micros SD 32 GB mampu merekam video  80 jam.