Head Cleaning Printer – Ada cara yang bisa anda lakukan untuk membersihkan atau cleaning head printer dengan beanr. Cara tersebut untuk menghindari kerusakan pada bagian printer lainnya atau mencegah kerusakan pada head. Harga head printer sendiri mahal sekali bahkan sampai separuh dari harga printer. Maka dari itu perlu cara yang benar untuk melakukan head cleaning pada printer.

Banyak jenis printer yang berbeda saat ini tetapi untuk membersihkannya semua hampir dengan cara yang sama. Untuk tujuan dari head cleaning pada printer tersebut adalah menghindari tinta yang meluber, melancarkan lubang nozzle saat tinta keluar dari cartridge ke head printer.

Cara Cleaning head printer

Selain itu Head Cleaning Printer juga berfungsi sebagai perawatan printer secara rutin agar tetap awet dipakai dalam jangka waktu yang lama. Berikut cara melakukan head cleaning pada printer dengan benar.

Anda bisa melakukan Head Cleaning Printer dengan menggunakan software atau menggunakan cara manual, untuk lebih mudahnya menggunakan cara software:

  1. Masuk ke start menu setelah itu pilih device and printer atau bisa dengan cara klik start, lalu pilih control panel, lalu pilih device and printer
  2. Pilih device printer yang akan dilakukan cleaning lalu klik kanan dan pilih properties
  3. Anda akan masuk ke dalam jendela printer properties, masuk ke tab maintenance
  4. Pada tab tersebut akan terlihat pilihan “cleaning”, “deep cleaning”, dan “nozzle check”
  5. Anda bisa melakukan cleaning secara bertahap satu per satu
  6. Printer akan secara otomatis menggunakan kertas sebagai indikator bahwa cleaning selesai.

Dari proses tersebut akan membersihkan head dari tinta yang berlebih dan membersihkan sisa kotoran yang lainnya. Pada keterangan tersebut terlihat ada pilihan “cleaning”, “deep cleaning” dan “nozzle check”.

Untuk pilihan cleaning akan membersihkan tinta yang paling ringan selanjutnya adalah pilihan head cleaning yang berarti pembersihan yang lebih mendalam untuk cleaning head tersebut. pilihan yang terakhir adalah nozzle check dimana printer akan menguji dan memberitahu anda tentang keadaan nozzle.

Anda bisa melakukan pembersihan tersebut berkala seminggu sekali atau seperlunya saja karena akan membuang beberapa tinta nantinya. Anda bisa mulai melakukan cleaning head tersebut ketika hasil cetak sudah tidak bagus padahal tinta masih kondisi yang optimal.

Selain itu langkah tersebut diperlukan saat mengalami error pada komputer yang mengharuskan anda untuk membersihkan head printer. Untuk membersihkan dengan langkah di atas ada saran dari teknisi printer untuk memberikan jarak cleaning selama beberapa menit untuk menghindari cartridge menjadi panas sehingga bisa terjadi kerusakan. Anda sekarang sudah banyak tahu tentang cara melakukan head cleaning pada printer dengan benar, silahkan mencoba tips diatas.