Cash register atau mesin kas yang biasanya juga mencakup cash drawer atau laci uang kas merupakan sebuah kebutuhan mendasar terutama bagi bisnis-bisnis berbasis produk yang sehari-harinya harus memproses banyak transaksi atau pembayaran.

Kebutuhan akan tipe mesin kas berbeda-beda tergantung dengan kebutuhan bisnis Anda, bisa dari yang biasa saja dengan fitur-fitur terbatas sampai dengan tipe mesin kas yang komprehensif dengan sistem POS (point of sales) yang memiliki fitur lebih banyak.
Tips Beli Cash Drawer untuk Kasir Usaha Anda

Apakah Anda tahu? Cash drawers atau laci uang kas pun (baik yang built in dengan mesin kas ataupun yang tidak) memiliki banyak perbedaan dari yang satu ke lainnya.

Karena ini, penting sekali bagi Anda untuk dapat membedakan dan mengetahui faktor-faktor yang sesuai dengan laci kas yang sesuai dengan bisnis Anda serta faktor-faktor yang akan mempengaruhi dampak pada produktivitas proses bisnis Anda.

Jika Anda sedang ingin membeli mesin kas atau laci kas tetapi masih bingung dengan tipenya yang sesuai dengan bisnis Anda, bacalah tips-tips berikut ini yang dapat membantu Anda sebelum Anda membeli mesin kas agar Anda dapat memilih sistem kas yang sesuai dengan bisnis Anda!
1. Harga yang Sesuai dengan Rencana Perkembangan Bisnis

Harga dari mesin kas dan laci kas bisa menjadi faktor utama untuk menentukan apakah produk tersebut sesuai bagi bisnis Anda atau tidak.

Harga mesin kas yang baik berbeda-beda tergantung spesifikasi serta jumlah fiturnya, mulai dari seputar satu juta hingga dapat mencapai lima juta rupiah. Begitu pula halnya dengan cash drawer.

Laci uang kas dapat Anda dapatkan mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Mengapa harga sangat penting? Karena katakanlah Anda mungkin mampu membeli yang seharga jutaan rupiah.

Namun, apakah Anda masih merasakan hal yang sama jika Anda perlu membeli beberapa bahkan banyak mesin kas atau laci kas untuk bisnis Anda? Karena setiap outlet Anda setidaknya membutuhkan minimal satu.

Tetapi, Anda juga tidak dapat asal membeli mesin atau laci kas yang paling murah. Anda juga perlu memikirkan kualitasnya yang dapat mempengaruhi kecepatan serta efektifitas proses bisnis Anda.

Selain itu, sistem keamanan juga pastinya berpengaruh seiring tingginya harga yang ditawarkan. Anda juga tidak perlu membeli yang tergolong mahal dengan iming-iming tersebut.

Tetapi setidaknya, Anda perlu membeli yang dapat menunjang kebutuhan Anda dengan berbagai konsiderasi di atas.
2. Perhatikan Ukuran Cash Register Serta Cash Drawer

Yang pertama-tama harus Anda perhatikan adalah ruang outlet Anda, terutama ukuran counter Anda. Ruang yang Anda sediakan untuk menaruh semua peralatan kasir dan seberapa besar ukuran peralatannya sangat penting.

Sebelum Anda membeli cash register dan cash drawer, terlebih dahulu tentukan seberapa mesin kas dan laci kas akan mengambil ruang pada outlet, meja kasir, dan lainnya.

Apakah cash drawer akan diletakkan di atas meja kasir atau dipasang di bawah meja? Anda juga harus mengetahui seberapa panjang laci kas ketika sedang dibuka.

Ketika akan membeli peralatan kas baru, pastikan juga Anda telah mengukur dan mengetahui ruang untuk cash drawernya.

Beberapa laci kas akan berukuran lebih besar, lebar, tinggi atau panjang dari yang lainnya karena mungkin memiliki tempat untuk menyimpan uang koin atau tempat untuk menyimpan struk juga.

Untuk ini, tentukan juga terlebih dahulu, apakah Anda akan membutuhkan fungsi ini atau tidak. Beberapa sistem POS dapat secara otomatis terbuka laci kas-nya setiap ada transaksi dengan struk, sementara ada juga yang dirancang untuk terbuka secara otomatis setiap ada transaksi menggunakan uang tunai saja.

Jika sistem POS yang Anda miliki tidak mendukung terbukanya laci kas secara otomatis jika ada transaksi non-tunai, maka Anda perlu membeli laci kas dengan media slot. Media slot dirancang agar Anda dapat memasukkan struk non-tunai, dokumen, dan lainnya tanpa perlu membuka cash drawer.
3. Sesuaikan dengan Kebutuhan Bisnis

Untuk hal ini, Anda perlu melihat seberapa besar bisnis Anda sekarang ini dan rencana perkembangannya. Seberapa besar bisnis Anda beberapa tahun ke depan juga perlu Anda masukkan pertimbangan.

Apakah Anda menjalankan bisnis yang cukup besar dan memiliki ribuan stok barang di beberapa departemen, atau jika Anda menjalankan bisnis yang tidak terlalu besar dengan hanya sejumlah stok barang yang tidak terlalu besar jumlahnya? Semua ini akan mempengaruhi kebutuhan sistem kas serta laci kas Anda.

Untuk pemilihan cash registernya, jika bisnis Anda tergolong besar dengan sejumlah produk, pilihlah sistem POS dengan fitur barcode scanner agar dapat mempercepat dan mempermudah proses transaksi.

Tipe ini juga menguntungkan jika Anda memprediksikan perkembangan yang signifikan untuk bisnis Anda kedepannya. Bagi Anda yang memiliki stok inventory yang tidak terlalu besar-besaran, Anda tidak atau belum membutuhkan sistem kas yang terlalu kompleks dengan fitur yang banyak.
4. Ketahui Fitur Keamanan yang Ditawarkan

Salah satu faktor penentu kesuksesan bisnis adalah tingkat keamanannya. Kerugian yang disebabkan adanya pencurian uang atau fraud dampaknya besar karena berhubungan dengan masalah kerugian uang. Anda pun juga membutuhkan mesin kasir dan laci kasir dengan tingkat keamanan yang sesuai dengan bisnis Anda.

Untuk menentukan tingkat keamanan yang bisnis Anda butuhkan, Anda perlu mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

    Seberapa banyak karyawan Anda yang menggunakan mesin dan laci kas?
    Seberapa sering mesin dan laci kas digunakan setiap harinya?
    Seberapa sering mesin dan laci kas ditinggalkan tanpa ada yang menjaga?
    Biasanya, seberapa banyak jumlah uang kas yang terdapat didalamnya?

Dengan beberapa bahan pertimbangan diatas, Anda akan dapat dengan lebih mudah memilih tipe cash register dan cash drawer yang Anda butuhkan.

Ada laci kas yang memiliki kunci manual, ada juga yang otomatis. Ada pula yang memiliki kompartemen tersembunyi, dan sebagainya. Terdapat juga mesin kas yang tidak dapat dioperasikan ketika laci kas tidak atau belum tertutup dengan benar.

Beberapa sistem kunci laci kas juga tidak akan dapat dibuka oleh orang-orang yang tidak terdaftar pada sistem. Cash drawer tertentu juga memiliki sistem password atau kata kunci untuk aksesnya.
5. Pastikan Mesin dan Laci Kas Cocok

Bayangkan jika Anda asal membeli laci kas dan ternyata tidak sesuai dengan sistem POS Anda. Banyak sistem software di pasaran saat ini, sehingga Anda harus mengetahui terlebih dahulu tipe sistem Anda dan komponen perangkat keras apa yang dapat bekerja dengan baik dengan sistem Anda.

Selain hal-hal di atas, masih banyak lagi faktor-faktor yang perlu Anda perhatikan dalam memilih peralatan kasir Anda, seperti durabilitas, jangka waktu tanggungan, material, dimana Anda membeli (retailer atau vendor), serta kompatibilitas tampilannya dengan design outlet atau brand Anda.