Fungsi Smartwatch – Siapa tak kenal smartwatch? Gadget satu ini memiliki fungsi yang serupa dengan jam tangan konvensional, namun memiliki banyak fungsi serta manfaat lainnya.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengerti kemampuan dari sebuah jam tangan pintar dan menganggap pembelian perangkat wearable ini hanya buang uang atau untuk bergaya. Padahal, penggunaan smartwatch dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan seseorang.

Oleh karena itu, ada baiknya jika kalian menyimak 10 fungsi serta manfaat dari menggunakan smartwatch berikut ini!


Fungsi / Manfaat Smartwatch
1. Notifikasi

Selain menunjukkan waktu, smartwatch memiliki kemampuan untuk menyinkronkan data dari smartphone. Sehingga kalian dapat melihat notifikasi dari sosial media, chat dan semua aplikasi tanpa repot mengeluarkan smartphone.
2. Travel Friendly

Jika kalian gemar berpetualang dan bepergian keluar negeri, jam pintar dapat menjadi teman setia kalian. Selain mampu menunjukkan boarding pass secara praktis, kebanyakan smartwatch memiliki fitur waterproof yang dapat kalian gunakan hingga kedalaman  50 meter.

Smartwatch juga cocok bagi kalian yang memiliki hobi mendaki gunung karena dapat dengan mudah menavigasi jalan dengan GPS, altimeter, barometer dan kompas.
3. Fitness Tracker

Bagi kalian para fitness junkie, kalian mampu mencapai fitness goal lebih cepat dengan bantuan smartwatch. Sebuah jam pintar biasanya akan terhubung dengan aplikasi workout yang akan merekomendasikan jenis olahraga sesuai dengan hasil yang kalian inginkan.

Selain itu, wearabe device ini mampu menghitung serta mencatat jumlah langkah serta kilometer yang telah kalian tempuh.
4. Navigasi yang Praktis

Kini, kebanyakan smartwatch memiliki fitur haptic feedback GPS yang berfungsi untuk mengirimkan getaran yang berbeda untuk menunjukkan navigasi.

Sebagai contoh, untuk belok kanan, smartwatch akan bergetar sebanyak 2 kali. Kalian tidak perlu repot bolak-balik melihat smartphone, cukup rasakan getaran dari smartwatch.
5. Mengatur Pola Tidur

Tidak memiliki waktu tidur yang cukup tentunya akan mempengaruhi performa kalian. Untuk itu, kalian dapat menggunakan fitur sleep monitor pada smartwatch untuk memantau pola tidur, mempelajari kualitas serta kebiasaan tidur kalian.

Nantinya, smartwatch akan memberikan solusi untuk pola tidur yang lebih baik sesuai dengan kebutuhan tubuh kalian.

6. Menjaga Asupan Nutrisi

Awasi asupan nutrisi yang kalian konsumsi dengan aplikasi pada smartwatch. Aplikasi ini akan menyarankan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh kalian. Selain kalori, nutrisi lain seperti protein, serat dan gula akan diawasi jumlahnya.

Jika, jumlah yang dikonsumi kurang atau melewati batas, smartwatch akan memberikan peringatan.
7. Memantau Kesehatan Tubuh

Smartwatch secara berkala akan mencatat dan mengawasi tekanan darah dan detak jantung, sehingga saat terjadi perubahan tekanan serta detakan, smartwatch mampu memperingati pengguna untuk mengunjungi dokter secepatnya.

Selain kesehatan tubuh, smartwatch mampu mengukur tingkat stres yang kalian alami dan merekomendasikan solusi yang tepat.

8. Panggilan Darurat

Saat kalian tidak dapat menjangkau smartphone dalam keadaan darurat, kalian dapat dengan mudah menelpon seseorang dengan menekan tombol tertentu pada smartwatch.

Beberapa smartwatch juga memiliki kartu SIM sendiri, sehingga saat ponsel kehabisan daya, kalian tetap dapat melakukan panggilan.
9. Pengingat

Bagi kalian yang memiliki aktivitas yang padat, kalian dapat mencatat hal-hal penting serta memasang pengingat pada smartwatch. Dengan begitu, kalian dapat dengan mudah mengorganisir kegiatan setiap hari.
10. Hiburan di Mana Saja

Salah satu kelebihan smartwatch adalah kemampuannya dalam menyediakan hiburan yang praktis dan dapat dilakukan di mana saja. Kalian dapat mendengarkan musik, menonton video, bahkan bermain smartwatch games.