iPhone 6s, rilis 25 september 2015, atau hampir 4 tahun yang lalu.

Bahkan di waktu rilisnya pun, dengan status smartphone flagship, terbaik, dan terbaru milik Apple, spesifikasinya biasa banget kalo dibandingin sama Android.

Udah lah speknya biasa, harga kelewat mahal, dan itu 4 tahun yang lalu. Masalahnya, sekarang udah 2019. Jangankan buat dibeli, sekedar di omongin pun, apa masih layak??

Pertanyaan itu akan gw jawab dengan beberapa penjelasan dibawah ini, dimana hari ini (setelah 4 tahun), gw masih pake iPhone 6s.

Gw akan tampilin kesimpulannya dulu, jadi kalo penasaran sama detailnya bisa dibaca di bagian bawah:

Performa: Masih lebih baik dibanding smartphone mid range Android 2019 (Snapdragon 425/636/660). Masih bisa bersaing dengan smartphone hi-end Android 2018 (Snapdragon 845)
iOS: Pake iOS yang sama dengan yang dipake iPhone Xr atau Xs. Ga semua smartphone Android support OS Android terbaru.
Desain: Cukup ‘baru’, mirip iPhone 8 (2017). Kecil, enak di genggam atau masuk kantong. Rata-rata smartphone 2019 ukuran gede. Tapi kalah kece dibanding Android jabrik atau iPhone 2019.
Koneksi kabel: iPhone terakhir yang masih pake jack audio. Dan masih konsisten dengan lighting-nya.
Kamera foto: 12 megapixel dan bisa RAW (dalam format dng).
Bokeh: Single camera. Hampir semua smartphone 2019 udah dual camera ‘bokeh maksa’. Makin rendah kelasnya, makin maksa hasil bokehnya.
Kamera video: Udah 4k 30 fps, setara smartphone baru 2019. Udah bisa slo-mo juga sampe 240 fps. Ga semua smartphone bisa slo-mo, apalagi sampe 240 fps.

Spesifikasi

Hari ini, rata-rata smartphone Android udah pake processor quad core atau octa core dengan core clock diatas 2 GHz. iPhone 6s hanya pake processor A9 dual core dengan core clock 1.85 GHz. Belum lagi urusan RAM, iPhone 6s ‘cuma’ pake RAM 2 GB, beberapa smartphone Android rilis 2019 malah udah pake RAM 6GB hingga 8GB. Jauh!!

Memang efektifitas kerja antara hardware dengan software (iOS) pada iPhone jauh lebih baik dibanding Android. Apple mendesain hardware (didesain oleh Apple sendiri) sesuai dengan kebutuhan dan difungsikan seefektif mungkin dengan dukungan iOS (yang juga dibuat oleh Apple sendiri). Ilustrasinya, se simpel nanya dimana kamar mandi ke pemilik rumah. Pemilik rumah bisa langsung menjawab. Ga perlu mikir, atau nanya ke orang lain, atau nyari-nyari lagi.

Fokus Apple lebih ke gimana hardware dan software tersebut bisa bekerja dalam kondisi seefektif mungkin. Daripada cuma ngejar jumlah core, atau core clock yang tinggi, atau kapasitas RAM yang besar, tapi komunikasi hardware dengan software kurang efektif.

Sementara Android, hardware-nya diproduksi oleh pihak lain (misal Quallcom, Kyrin, Exynos, dsb), digunakan oleh produsen lain (misal Samsung, Xiaomi, Huawei dsb), dan dipasangkan software milik pihak lain (Android itu sendiri, yang dikembangkan oleh google). Ilustrasinya se simpel tamu 1 nanya dimana kamar mandi ke tamu ke 2. Tamu ke 2 akan nanya lagi ke orang lain, atau mereka berdua akan sama-sama nyari dimana kamar mandi tersebut. Akan ada penurunan efektifitas (baik hardware maupun software) melalui flow yang seperti itu.

Sebenarnya ada data benchmark yang bisa dilihat di Mobile Benchmark. Secara single core, skor iPhone 6s (A9) masih bisa nyaingin beberapa smartphone Android yang pake processor Snapdragon 845. Dimana Snapdragon 845 termasuk processor flagship untuk Android, misalnya Samsung S9 atau Xiaomi Pocophone. Tapi secara multicore, iPhone 6s masih dibawah Snapdragon 660, processor kelas mid-range Android terbaik saat ini.

Data benchmark tersebut didapat karena setiap smartphone diuji menggunakan semua resource yang ada (menggunakan semua core processornya-nya, dan dengan clock tertingginya) untuk menghasilkan angka benchmark setinggi mungkin. Masalahnya, processor pada smartphone bukan seperti silinder pada mobil, dimana setiap silinder memiliki ukuran yang sama dan saling bekerja sama untuk menghasilkan tenaga yang besar. Processor smartphone bekerja seperti pisau dapur, untuk motong sayur kita pake pisau kecil, untuk motong daging kita pake pisau yang lebih gede, dan untuk motong tulang kita pake pisau yang lebih gede lagi.

Dalam penggunaannya, resource yang ada ga digunakan seperti pada saat benchmark itu. Setiap core akan bekerja sesuai kebutuhan, dan seringkali, hanya beberapa core yang bekerja dalam satu waktu.

Diluar kondisi yang mengharuskan kita menggunakan semua core dengan clock tertingginya, siapa yang mampu untuk beli smartphone dengan processor Snapdragon 845 itu? Ujung-ujungnya pake smartphone dengan processor Snapdragon 660. Atau mungkin processor yang sama tua, Snapdragon 820.

Ngomongin harga, antara Snapdragon 845 dengan A9, di hari ini jelas A9 lebih terjangkau. Kalo ngomongin performa, Snapdragon 660 (processor mid-range terbaik di 2019) dengan A9, secara multicore (dari hasil benchmark) memang A9 kalah. Tapi masalahnya ga ada data pasti aplikasi atau game apa yang membutuhkan resourse multicore seperti di hasil benchmark itu.

Kecuali kalo processor A9 (dengan RAM 2GB-nya) udah kelewat jauh dibanding Snapdragon 425, atau Snapdragon 636, atau bener-bener udah ga layak banding sama Snapdragon 845, secara keseluruhan, spesifikasi iPhone 6s masih sangat layak di 2019.

*perlu diingat, gadget itu (smartphone atau device elektronik lain) mempunyai masa pakai. Jadi kalo lagi mempertimbangkan mau beli iPhone 6s, disarankan (kalo masih ada) yang masih baru. Karena kalo second, biasanya lebih cepet panas karena berbagai faktor.

iOS

Apple masih men-support semua produknya yang udah pake processor 64 bit. Jadi ga cuma iPhone 6s (yang rilis tahun 2015), tapi termasuk iPhone 5s, yang rilis 2013 (6 tahun lalu). Pengguna iPhone 5s bisa update dan ngerasain 5 versi OS yang berbeda dari satu smartphone yang sama (iPhone 5s pertama rilis pake iOS 7, hari ini udah iOS di versi 12).

Jadi gw (iPhone 6s) make iOS yang sama persis dengan mereka yang pake iPhone Xs atau Xr (yang baru rilis beberapa bulan yang lalu, dengan harga belasan juta). Kecuali kalo iPhone 6s udah ga support iOS terbaru (misalnya iPhone 5 yang masih 32 bit).

Sementara ga semua Android punya dukungan yang seperti ini. Malah kebanyakan, kita harus ganti smartphone buat bisa ngerasain Android versi terbaru. Android harus mengganti smartphone, katakanlah, setiap 2 atau 3 tahun sekali.

Desain

Desain yang yang gw maksud adalah desain keseluruhan. Gw sebenarnya masih lebih suka desain dari iPhone 5 (atau 5s atau SE). Kotak, keliatan lebih kokoh, dan berukuran lebih kecil. Tapi yah, kita ga ngebahas tentang iPhone 5 disini.

Desain iPhone 6s masih mirip dengan iPhone seri baru. Artinya ga ketinggalan jaman. Karena memang setelah iPhone 5s, desain iPhone udah mulai mirip-mirip aja semuanya. Walau kalo dilihat dari layarnya, jelas beda dari iPhone X atau seri Android baru yang full frame dan pake jabrik.

Kecuali maunya pake iPhone yang desain layarnya pake jabrik, silahkan cari budget buat tebus iPhone tersebut. Kalo buat Android, sebenernya hampir semua Android udah pake desain jabrik dan udah banyak yang harganya lebih terjangkau. Tapi ya, sayang aja cuma demi tampilan kece tapi dalemannya bikin greget.

Selain itu, sebenarnya iPhone 6s Plus punya spek yang sama dengan iPhone 6s. Tapi kenapa harus iPhone 6s, karena ukurannya yang kecil. Sementara hampir semua smartphone, termasuk iPhone sendiri(7 Plus, 8 Plus, X, dst), udah mulai berukuran gede-gede. Agak susah digenggam atau buat masuk kantong.

Koneksi Kabel

Kalo pertimbangannya smartphone dengan performa yang ga ketinggalan jaman, masih compact ga kaya bawa buku yang repot di genggam atau masuk kantong, tapi ramah di harga, iPhone 6s adalah iPhone seri terakhir yang masih nyediain jack audio. Jadi ga perlu keluar duit buat beli adaptor lighting atau beli wireless earphone yang harganya terlalu tinggi. Dan beresiko hilang.

Kecuali kalo memang di 2019 jack audio udah ganti interface pake teknologi baru, atau Apple bikin interface data/charging baru pengganti lighting.

Kamera Foto

Sebenarnya kamera iPhone 6 (8 megapixel) masih lebih baik dibanding iPhone 6s (12 megapixel). Apalagi kamera depan iPhone 6.

Karena ukuran megapixel harusnya paralel dengan ukuran sensor. Masalahnya, jaman sekarang ukuran megapixel justru berbanding terbalik dengan ukuran sensor. Sementara ukuran sensor masih segitu-gitu aja, sekitar 1/3 inch, tapi makin hari megapixel-nya makin gede. Efeknya, image quality yang semakin berkurang.

Ilustrasinya, seperti plastik berdiameter 1 meter, dipake buat nutupin baskom berdiameter 1 meter. Sedangkan kebanyakan smartphone 2019 ini pake plastik berdiameter 1 meter, buat nutupin baskom berdiameter 2 meter. Yang ada plastiknya ketarik-tarik. Image quality yang gw maksud, bukan sekedar tentang apa yang terlihat (terfoto). Kalo kita foto orang, ada orangnya disana. Bukan.

Ngomongin image quality ini hubungan ke photographer, atau photographer wanna be  Dimana foto itu ga cuma urusan jepret dan share. Biasanya, foto-foto yang ada harus di edit terlebih dahulu.

Dan dalam proses editing ini, akan terasa perbedaan (penurunan image quality) dari foto-foto dengan megapixel gede. Karena itu smartphone flagship kaya Samsung Note 9, atau Google Pixel 3, atau iPhone X cuma pake kamera 12 megapixel. Harganya udah sampe belasan juta tapi megapixelnya cuma segitu. Banyak smartphone Android lain yang harganya cuma 2 atau 3 juta tapi bisa ngasilin 16 sampe 20-an megapixel. Kenapa coba? Malahan, kamera digital aja (yang jelas-jelas fungsi utamanya buat bikin foto dan ga bisa nelpon), cuma bisa ngasilin 16-24 megapixel. Kenapa smartphone bisa ngasilin megapixel lebih gede?

Seperti yang tadi gw bilang, sebenernya gw masih lebih suka hasil dari iPhone 6, karena cuma 8 megapixel. Tapi spek iPhone 6 masih di bawah iPhone 6s. Ini alasan kedua kenapa iPhone 6s masih layak di tahun 2019 ini.

Tapi kalo ngomongin kamera (foto), rasanya ga perlu iPhone 6s. Bahkan iPhone 4S pun masih bisa ngasilin foto yang lebih baik dibanding rata-rata smartphone Android.

Kalo mau ditambahin, 12 megapixel adalah resolusi minimal (di iPhone) buat bisa ngambil foto RAW. Lagi-lagi, fitur yang sama persis dengan iPhone Xr atau Xs yang harganya belasan juta. Sama sekali belum ketinggalan jaman, masih sangat layak, walau umurnya udah hampir 4 tahun.

Gw kurang tau smartphone Android apa yang bisa ngambil foto RAW.

Single Camera (ga bisa bokeh)

Dalam teori fotografi, bokeh itu harus didukung bukaan lensa yang gede (bukan angka f-stop, tapi bener-bener bukaan lensa yang sebenarnya dalam ukuran milimeter atau centimeter), focal length, dan jarak.

Secara teori, kamera smartphone ga bisa bikin bokeh. Ukuran f-stop cuma kalkulasi matematis dari sistem kamera. Jangan samain f/2.0 di smartphone dengan f/2.0 di DSLR. Focal length pun, kita tau, smartphone itu tipis banget.

Jadi efek bokeh di smartphone diakalin pake manipulasi 2 kamera yang ngambil 2 fokus yang beda. Masalahnya, manipulasi itu instant dan otomatis. Kalo manipulasi manual ga bisa real time (butuh waktu) dan hasilnya bisa dibikin lebih realistis.

Dengan manipulasi instant dan otomatis, seringnya bokeh yang dihasilin meleset atau terkesan maksa. Walau ga jarang fine-fine aja.

Tapi buat gw sendiri lebih baik (kalo memang harus memanipulasi) manual daripada hasilnya keliatan maksa dan ga realistis.

Tapi sekaligus ini jadi kekurangan iPhone 6s. Dual kamera (atau lebih) biasanya bisa optical zoom. iPhone 6s cuma bisa digital zoom.  Tapi untuk mobile photography, menurut gw, memang udah seharusnya photographernya berpindah-pindah tempat buat dapetin komposisi (atau zoom) yang dibutuhin. Jadi ga ada masalah walau ga bisa optical zoom, dan memang menghindari dual lens camera.

Kamera Video

Urusan kamera (baik foto atau video) bahkan dari 5 tahun (iPhone 6)yang lalu iPhone memang lebih baik dibanding smartphone lain. Walaupun udah berumur hampir 4 tahun, tapi iPhone 6s udah mendukung semua kebutuhan video buat hari ini; 4K video dan slo mo. Masih bisa ngikutin kemampuan iPhone Xs atau Xr atau kemampuan smartphone flagship Android yang harganya belasan juta.

Kecuali ya, kalo misal resolusi video smartphone udah masuk ke teknologi 6K atau 8K, kayanya emang udah ga layak pake iPhone 6s. Atau, kalo memang rata-rata smartphone yang ada udah bikin slo-mo diatas 240 fps (misal 960 fps) semua.

Jadi ga cuma sekedar masih layak diomongin, iPhone 6s memang masih sangat layak buat dipake di tahun 2019. Performa (processor, atau RAM, atau bahkan batre) yang masih OK, fitur dan kemampuan kamera yang masih sangat layak, dan harga yang jatohnya lebih murah dibanding smartphone 2019 yang setara.

Bagaimana Cara Kerja "Quick Count"? Rahmat Fiansyah Kompas.com - 11/07/2014, 06:33 WIB Quick count Pilpres 2014.(KOMPAS.COM) JAKARTA, KOMPAS.com — Pasca-pemungutan suara pemilu presiden 9 Juli 2014, publik dihadapkan pada dua versi hasil hitung cepat atau quick count yang hasilnya berbeda. Delapan lembaga survei menempatkan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla unggul dibandingkan rivalnya, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Sementara itu, empat lembaga survei lainnya menunjukkan hasil yang sebaliknya, Prabowo-Hatta menempati urutan pertama. Bagaimana sebenarnya sebuah lembaga membangun dan membuat agar mesin quick count bekerja? Anggota Dewan Etik Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia Hamdi Muluk mengatakan, quick count atau Parallel Vote Tabulation (PVTs) merupakan alat yang diadopsi dari The National Democratic Institute (NDI). Hamdi menjelaskan, quick count adalah alat untuk mengetahui hasil pemilu secara cepat dengan mengambil sampel di tempat pemungutan suara (TPS). "Quick count bukan sekadar untuk tahu pemilu saja, tapi juga sebagai perbandingan dengan hasil resmi KPU (Komisi Pemilihan Umum). Jadi bisa dibilang ini adalah alat untuk mengawal demokrasi," kata Hamdi, saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta, Kamis (10/7/2014) petang. Berikut tahapan-tahapan kerja lembaga survei saat melakukan quick count: 1. Menentukan sampel TPS Langkah pertama membangun mesin quick count adalah menentukan sampel TPS. Hamdi mengatakan, sampel TPS yang diambil harus diambil secara acak dan representatif dengan mewakili karakteristik populasi di Indonesia. "Semakin besar jumlah sampel TPS yang diambil, semakin kecil tingkat kesalahan atau margin of error," kata dia. Sementara itu, Manajer Riset Poltracking Arya Budi juga menyatakan, makin besar jumlah sampel yang diambil, makin akurat hasil yang didapat. Dia juga mengatakan, metode acak (random sampling), terutama multistage random sampling juga ikut menjadi penentu akurasi selain jumlah sampel. "Hampir semua quick count memakai metode pengacakan sehingga persebaran merata dan proporsional. Kalau di luar pengacakan, hasilnya bisa jadi berbeda meski jumlah sampelnya sama-sama 2.000 TPS," ujar Arya. Dia menjelaskan, penentuan sampel di Poltracking dilakukan di tingkat pusat. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, kata Arya, penentuan sampel harus dilakukan mulai dari nasional, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan, hingga TPS. "Titik krusial quick count ini ada di sampling (penentuan sampel). Semakin ketat melakukan sampling, semakin bagus (hasilnya). Akurasi berbicara di level sampling," jelasnya. Hamdi menambahkan, jumlah sampel TPS juga terkait dengan alokasi dana yang dimiliki. Semakin banyak jumlah sampel, kata dia, semakin besar pula dana yang dikeluarkan karena berkaitan dengan honor para relawan. 2. Merekrut relawan Arya mengatakan, merekrut relawan adalah langkah kedua membangun tahapan melakukan quick count, setelah menentukan sampel TPS. Para relawan ini bertugas memantau TPS hingga rekapitulasi suara untuk kemudian mengirimkannya ke pusat data. Menurut Arya, dalam prosedur standar lembaganya, para relawan direkrut berdasarkan asal kelurahan di mana sampel TPS berada. Alasannya, para relawan bisa lebih mengetahui tantangan geografis dan sosial wilayah TPS. Selain itu, kata Arya, Poltracking juga membekali para relawan dengan pelatihan mengenai quick count. Selain memberikan logistik, relawan akan mendapat pengetahuan dan keahlian dari tutor di tingkat provinsi. Poltracking juga menerapkan quality control dua lapis terkait relawan. Pertama, ada spotchecker yang bertugas secara acak untuk mengetes pengetahuan relawan mengenai quick count di TPS. Kedua, keberadaan relawan harus diketahui oleh pihak Kelompok Panitia Penyelenggara Suara (KPPS) setempat. "Kami punya prosedur setiap relawan, kuesionernya ditandatangani atau dicap oleh KPPS setempat sebagai bukti kalau dia ada di TPS. Kita juga menyimpan nomor telepon KPPS kalau sewaktu-waktu dibutuhkan," terang dia. Sementara itu, Hamdi mengatakan, komponen terbesar pengeluaran uang dalam proses quick count memang membayar honor para relawan. Arya juga mengakui, mesin quick count Poltracking menggunakan alokasi dana yang besar. Namun, ia enggan menyebutkan besaran dana yang dikeluarkan, termasuk besaran honor yang dibayar kepada setiap relawan. 3. Simulasi quick count Setelah mesin quick count terbentuk, langkah selanjutnya adalah menguji coba apakah mesin tersebut telah bekerja dengan baik. Arya mengatakan, Poltracking melakukan simulasi quick count selama seminggu sebelum pemilu presiden. Simulasi ini bertujuan untuk mengetahui letak kelemahan mesin quick count. Dengan demikian, kata dia, human error dan technical error tidak terjadi pada hari-H. "Quick count ini kami selenggarakan tidak main-main. Kami ingin memastikan mesin itu bekerja sesuai prosedur dan metode yang ditentukan pusat," ujar Arya. 4. Mengirim rekapitulasi ke pusat data Hamdi mengatakan, para relawan yang memantau di setiap TPS biasanya akan mengirim hasil rekapitulasi suara dalam formulir C-1 dengan menggunakan layanan pesan singkat atau SMS. Mereka mengirimkan hasil rekapitulasi ke pusat data. "Setelah masuk ke data center, kemudian ditabulasi," kata dosen di Departemen Psikologi UI itu. Arya menambahkan, Poltracking juga menggunakan layanan call center yang terdiri dari 50 orang yang berada di tingkat pusat. Penggunaan call center itu, kata dia, bertujuan untuk menjemput data di lapangan yang terlambat masuk. 5. Mengolah data dan menampilkan hasil Setelah data lapangan masuk ke pusat data, maka data tersebut akan diolah melalui perangkat lunak (software) yang dibuat oleh programer. Hamdi mengatakan, lembaga survei yang relatif lebih mapan biasanya memiliki software yang canggih untuk mengolah data. Menurut Arya, Poltracking memiliki server pusat yang melakukan rekapitulasi dan pengumpulan data. Proses pengolahan data dilakukan dengan menerapkan ilmu statistik yang secara ilmiah dapat dipertanggungjawabkan. Hamdi mengatakan, data yang berasal dari lapangan akan terus masuk dan puncaknya biasanya terjadi sekitar pukul 14.00 hingga 15.00. Biasanya, kata dia, hasil quick count mulai stabil saat data yang masuk sudah mencapai 80 persen. "Makanya, meski data belum masuk semua, terkadang lembaga quick count sudah mengumumkan hasilnya kepada masyarakat siapa yang menjadi pemenang pemilu," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bagaimana Cara Kerja "Quick Count"?", https://nasional.kompas.com/read/2014/07/11/06330421/Bagaimana.Cara.Kerja.Quick.Count..
Penulis : Rahmat Fiansyah
Quick count Pilpres 2014.(KOMPAS.COM) JAKARTA, KOMPAS.com — Pasca-pemungutan suara pemilu presiden 9 Juli 2014, publik dihadapkan pada dua versi hasil hitung cepat atau quick count yang hasilnya berbeda. Delapan lembaga survei menempatkan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla unggul dibandingkan rivalnya, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Sementara itu, empat lembaga survei lainnya menunjukkan hasil yang sebaliknya, Prabowo-Hatta menempati urutan pertama. Bagaimana sebenarnya sebuah lembaga membangun dan membuat agar mesin quick count bekerja? Anggota Dewan Etik Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia Hamdi Muluk mengatakan, quick count atau Parallel Vote Tabulation (PVTs) merupakan alat yang diadopsi dari The National Democratic Institute (NDI). Hamdi menjelaskan, quick count adalah alat untuk mengetahui hasil pemilu secara cepat dengan mengambil sampel di tempat pemungutan suara (TPS). "Quick count bukan sekadar untuk tahu pemilu saja, tapi juga sebagai perbandingan dengan hasil resmi KPU (Komisi Pemilihan Umum). Jadi bisa dibilang ini adalah alat untuk mengawal demokrasi," kata Hamdi, saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta, Kamis (10/7/2014) petang. Berikut tahapan-tahapan kerja lembaga survei saat melakukan quick count: 1. Menentukan sampel TPS Langkah pertama membangun mesin quick count adalah menentukan sampel TPS. Hamdi mengatakan, sampel TPS yang diambil harus diambil secara acak dan representatif dengan mewakili karakteristik populasi di Indonesia. "Semakin besar jumlah sampel TPS yang diambil, semakin kecil tingkat kesalahan atau margin of error," kata dia. Sementara itu, Manajer Riset Poltracking Arya Budi juga menyatakan, makin besar jumlah sampel yang diambil, makin akurat hasil yang didapat. Dia juga mengatakan, metode acak (random sampling), terutama multistage random sampling juga ikut menjadi penentu akurasi selain jumlah sampel. "Hampir semua quick count memakai metode pengacakan sehingga persebaran merata dan proporsional. Kalau di luar pengacakan, hasilnya bisa jadi berbeda meski jumlah sampelnya sama-sama 2.000 TPS," ujar Arya. Dia menjelaskan, penentuan sampel di Poltracking dilakukan di tingkat pusat. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, kata Arya, penentuan sampel harus dilakukan mulai dari nasional, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan, hingga TPS. "Titik krusial quick count ini ada di sampling (penentuan sampel). Semakin ketat melakukan sampling, semakin bagus (hasilnya). Akurasi berbicara di level sampling," jelasnya. Hamdi menambahkan, jumlah sampel TPS juga terkait dengan alokasi dana yang dimiliki. Semakin banyak jumlah sampel, kata dia, semakin besar pula dana yang dikeluarkan karena berkaitan dengan honor para relawan. 2. Merekrut relawan Arya mengatakan, merekrut relawan adalah langkah kedua membangun tahapan melakukan quick count, setelah menentukan sampel TPS. Para relawan ini bertugas memantau TPS hingga rekapitulasi suara untuk kemudian mengirimkannya ke pusat data. Menurut Arya, dalam prosedur standar lembaganya, para relawan direkrut berdasarkan asal kelurahan di mana sampel TPS berada. Alasannya, para relawan bisa lebih mengetahui tantangan geografis dan sosial wilayah TPS. Selain itu, kata Arya, Poltracking juga membekali para relawan dengan pelatihan mengenai quick count. Selain memberikan logistik, relawan akan mendapat pengetahuan dan keahlian dari tutor di tingkat provinsi. Poltracking juga menerapkan quality control dua lapis terkait relawan. Pertama, ada spotchecker yang bertugas secara acak untuk mengetes pengetahuan relawan mengenai quick count di TPS. Kedua, keberadaan relawan harus diketahui oleh pihak Kelompok Panitia Penyelenggara Suara (KPPS) setempat. "Kami punya prosedur setiap relawan, kuesionernya ditandatangani atau dicap oleh KPPS setempat sebagai bukti kalau dia ada di TPS. Kita juga menyimpan nomor telepon KPPS kalau sewaktu-waktu dibutuhkan," terang dia. Sementara itu, Hamdi mengatakan, komponen terbesar pengeluaran uang dalam proses quick count memang membayar honor para relawan. Arya juga mengakui, mesin quick count Poltracking menggunakan alokasi dana yang besar. Namun, ia enggan menyebutkan besaran dana yang dikeluarkan, termasuk besaran honor yang dibayar kepada setiap relawan. 3. Simulasi quick count Setelah mesin quick count terbentuk, langkah selanjutnya adalah menguji coba apakah mesin tersebut telah bekerja dengan baik. Arya mengatakan, Poltracking melakukan simulasi quick count selama seminggu sebelum pemilu presiden. Simulasi ini bertujuan untuk mengetahui letak kelemahan mesin quick count. Dengan demikian, kata dia, human error dan technical error tidak terjadi pada hari-H. "Quick count ini kami selenggarakan tidak main-main. Kami ingin memastikan mesin itu bekerja sesuai prosedur dan metode yang ditentukan pusat," ujar Arya. 4. Mengirim rekapitulasi ke pusat data Hamdi mengatakan, para relawan yang memantau di setiap TPS biasanya akan mengirim hasil rekapitulasi suara dalam formulir C-1 dengan menggunakan layanan pesan singkat atau SMS. Mereka mengirimkan hasil rekapitulasi ke pusat data. "Setelah masuk ke data center, kemudian ditabulasi," kata dosen di Departemen Psikologi UI itu. Arya menambahkan, Poltracking juga menggunakan layanan call center yang terdiri dari 50 orang yang berada di tingkat pusat. Penggunaan call center itu, kata dia, bertujuan untuk menjemput data di lapangan yang terlambat masuk. 5. Mengolah data dan menampilkan hasil Setelah data lapangan masuk ke pusat data, maka data tersebut akan diolah melalui perangkat lunak (software) yang dibuat oleh programer. Hamdi mengatakan, lembaga survei yang relatif lebih mapan biasanya memiliki software yang canggih untuk mengolah data. Menurut Arya, Poltracking memiliki server pusat yang melakukan rekapitulasi dan pengumpulan data. Proses pengolahan data dilakukan dengan menerapkan ilmu statistik yang secara ilmiah dapat dipertanggungjawabkan. Hamdi mengatakan, data yang berasal dari lapangan akan terus masuk dan puncaknya biasanya terjadi sekitar pukul 14.00 hingga 15.00. Biasanya, kata dia, hasil quick count mulai stabil saat data yang masuk sudah mencapai 80 persen. "Makanya, meski data belum masuk semua, terkadang lembaga quick count sudah mengumumkan hasilnya kepada masyarakat siapa yang menjadi pemenang pemilu," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bagaimana Cara Kerja "Quick Count"?", https://nasional.kompas.com/read/2014/07/11/06330421/Bagaimana.Cara.Kerja.Quick.Count..
Penulis : Rahmat Fiansyah
Quick count Pilpres 2014.(KOMPAS.COM) JAKARTA, KOMPAS.com — Pasca-pemungutan suara pemilu presiden 9 Juli 2014, publik dihadapkan pada dua versi hasil hitung cepat atau quick count yang hasilnya berbeda. Delapan lembaga survei menempatkan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla unggul dibandingkan rivalnya, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Sementara itu, empat lembaga survei lainnya menunjukkan hasil yang sebaliknya, Prabowo-Hatta menempati urutan pertama. Bagaimana sebenarnya sebuah lembaga membangun dan membuat agar mesin quick count bekerja? Anggota Dewan Etik Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia Hamdi Muluk mengatakan, quick count atau Parallel Vote Tabulation (PVTs) merupakan alat yang diadopsi dari The National Democratic Institute (NDI). Hamdi menjelaskan, quick count adalah alat untuk mengetahui hasil pemilu secara cepat dengan mengambil sampel di tempat pemungutan suara (TPS). "Quick count bukan sekadar untuk tahu pemilu saja, tapi juga sebagai perbandingan dengan hasil resmi KPU (Komisi Pemilihan Umum). Jadi bisa dibilang ini adalah alat untuk mengawal demokrasi," kata Hamdi, saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta, Kamis (10/7/2014) petang. Berikut tahapan-tahapan kerja lembaga survei saat melakukan quick count: 1. Menentukan sampel TPS Langkah pertama membangun mesin quick count adalah menentukan sampel TPS. Hamdi mengatakan, sampel TPS yang diambil harus diambil secara acak dan representatif dengan mewakili karakteristik populasi di Indonesia. "Semakin besar jumlah sampel TPS yang diambil, semakin kecil tingkat kesalahan atau margin of error," kata dia. Sementara itu, Manajer Riset Poltracking Arya Budi juga menyatakan, makin besar jumlah sampel yang diambil, makin akurat hasil yang didapat. Dia juga mengatakan, metode acak (random sampling), terutama multistage random sampling juga ikut menjadi penentu akurasi selain jumlah sampel. "Hampir semua quick count memakai metode pengacakan sehingga persebaran merata dan proporsional. Kalau di luar pengacakan, hasilnya bisa jadi berbeda meski jumlah sampelnya sama-sama 2.000 TPS," ujar Arya. Dia menjelaskan, penentuan sampel di Poltracking dilakukan di tingkat pusat. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, kata Arya, penentuan sampel harus dilakukan mulai dari nasional, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan, hingga TPS. "Titik krusial quick count ini ada di sampling (penentuan sampel). Semakin ketat melakukan sampling, semakin bagus (hasilnya). Akurasi berbicara di level sampling," jelasnya. Hamdi menambahkan, jumlah sampel TPS juga terkait dengan alokasi dana yang dimiliki. Semakin banyak jumlah sampel, kata dia, semakin besar pula dana yang dikeluarkan karena berkaitan dengan honor para relawan. 2. Merekrut relawan Arya mengatakan, merekrut relawan adalah langkah kedua membangun tahapan melakukan quick count, setelah menentukan sampel TPS. Para relawan ini bertugas memantau TPS hingga rekapitulasi suara untuk kemudian mengirimkannya ke pusat data. Menurut Arya, dalam prosedur standar lembaganya, para relawan direkrut berdasarkan asal kelurahan di mana sampel TPS berada. Alasannya, para relawan bisa lebih mengetahui tantangan geografis dan sosial wilayah TPS. Selain itu, kata Arya, Poltracking juga membekali para relawan dengan pelatihan mengenai quick count. Selain memberikan logistik, relawan akan mendapat pengetahuan dan keahlian dari tutor di tingkat provinsi. Poltracking juga menerapkan quality control dua lapis terkait relawan. Pertama, ada spotchecker yang bertugas secara acak untuk mengetes pengetahuan relawan mengenai quick count di TPS. Kedua, keberadaan relawan harus diketahui oleh pihak Kelompok Panitia Penyelenggara Suara (KPPS) setempat. "Kami punya prosedur setiap relawan, kuesionernya ditandatangani atau dicap oleh KPPS setempat sebagai bukti kalau dia ada di TPS. Kita juga menyimpan nomor telepon KPPS kalau sewaktu-waktu dibutuhkan," terang dia. Sementara itu, Hamdi mengatakan, komponen terbesar pengeluaran uang dalam proses quick count memang membayar honor para relawan. Arya juga mengakui, mesin quick count Poltracking menggunakan alokasi dana yang besar. Namun, ia enggan menyebutkan besaran dana yang dikeluarkan, termasuk besaran honor yang dibayar kepada setiap relawan. 3. Simulasi quick count Setelah mesin quick count terbentuk, langkah selanjutnya adalah menguji coba apakah mesin tersebut telah bekerja dengan baik. Arya mengatakan, Poltracking melakukan simulasi quick count selama seminggu sebelum pemilu presiden. Simulasi ini bertujuan untuk mengetahui letak kelemahan mesin quick count. Dengan demikian, kata dia, human error dan technical error tidak terjadi pada hari-H. "Quick count ini kami selenggarakan tidak main-main. Kami ingin memastikan mesin itu bekerja sesuai prosedur dan metode yang ditentukan pusat," ujar Arya. 4. Mengirim rekapitulasi ke pusat data Hamdi mengatakan, para relawan yang memantau di setiap TPS biasanya akan mengirim hasil rekapitulasi suara dalam formulir C-1 dengan menggunakan layanan pesan singkat atau SMS. Mereka mengirimkan hasil rekapitulasi ke pusat data. "Setelah masuk ke data center, kemudian ditabulasi," kata dosen di Departemen Psikologi UI itu. Arya menambahkan, Poltracking juga menggunakan layanan call center yang terdiri dari 50 orang yang berada di tingkat pusat. Penggunaan call center itu, kata dia, bertujuan untuk menjemput data di lapangan yang terlambat masuk. 5. Mengolah data dan menampilkan hasil Setelah data lapangan masuk ke pusat data, maka data tersebut akan diolah melalui perangkat lunak (software) yang dibuat oleh programer. Hamdi mengatakan, lembaga survei yang relatif lebih mapan biasanya memiliki software yang canggih untuk mengolah data. Menurut Arya, Poltracking memiliki server pusat yang melakukan rekapitulasi dan pengumpulan data. Proses pengolahan data dilakukan dengan menerapkan ilmu statistik yang secara ilmiah dapat dipertanggungjawabkan. Hamdi mengatakan, data yang berasal dari lapangan akan terus masuk dan puncaknya biasanya terjadi sekitar pukul 14.00 hingga 15.00. Biasanya, kata dia, hasil quick count mulai stabil saat data yang masuk sudah mencapai 80 persen. "Makanya, meski data belum masuk semua, terkadang lembaga quick count sudah mengumumkan hasilnya kepada masyarakat siapa yang menjadi pemenang pemilu," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bagaimana Cara Kerja "Quick Count"?", https://nasional.kompas.com/read/2014/07/11/06330421/Bagaimana.Cara.Kerja.Quick.Count..
Penulis : Rahmat Fiansyah