Berapa jarak jangkauan HT?

  • Perlu dipahami bahwa jangkauan HT sangat dipengaruhi oleh posisi dan lokasi HT pemancar dan HT penerima. Berdasarkan pengalaman di lapangan 1 watt mewakili sampai dengan 1 km.  Jika HT yang digunakan memiliki power 5 watt maka gampangnya memiliki daya jangkau sampai dengan 5 km.
  • Dalam kondisi banyak halangan fisik (tembok, beton, basement, bawah tanah, gedung, pepohonan, bukit/ tebing), jarak bisa sangat terbatas 50-500m.
  • Klaim beberapa merk dengan menyebutkan jarak jangkau tanpa penjelasan tambahan, biasanya hanya trik/ tipuan marketing
  • Rata-rata power HT ukuran besar adalah 5 watt, HT ukuran kecil 2 watt dan walkie-talkie antara 0,3 hingga 0,5 watt. Semakin besar power – dalam posisi, lokasi, dan jenis antena yang sama – maka jarak akan semakin jauh.
  • Jarak jangkau HT tidak dipengaruhi oleh merk HT.

 

Untuk wilayah Jakarta, berdasarkan pengalaman saya, ada 1 tempat yang menurut saya anomali.  Yaitu di area parkir bagian depan Electronic City – SCBD yang berhadapan dengan automall.  Di tempat ini saya sangat takjub karena dengan HT 5 watt bisa berkomunikasi dengan lancar dengan rekan lain yang berada di daerah warung buncit (patung kuda) dan rekan di daerah tanjung priuk.  Perlu diingat bahwa di lokasi tersebut sejauh mata memandang dikelilingi oleh gedung-gedung bertingkat.

 

Meningkatkan jangkauan komunikasi HT :

  1. Switch setting HT ke High Power. Pastikan battery anda dalam kondisi penuh untuk mendapatkan power maksimal.
  2. Carilah lokasi yang lebih tinggi dan bebas hambatan (seperti tembok, pohon, gedung, bukit, kendaraan besar, pagar dll), lebih tinggi lebih baik.
  3. Hindari meletakkan HT di pinggang, terutama jika anda memakai handsfree. Posisi di pinggang adalah posisi terburuk, sedapat mungkin pindahkan ke bahu depan / belakang.
  4. Gunakan antena HT yang lebih baik daripada antena bawaaan. Hati-hati memilih antena, jika salah dapat merusak transmitter HT anda.
  5. Gunakan fasilitas repeater untuk meningkatkan jangkauan komunikasi hingga radius 20-60km