Beberapa hari yang lalu, Asus menyampaikan target untuk bisa menggandakan penjualan smartphone mereka sepanjang tahun 2017. Hal tersebut tak lepas dari performa mereka di tahun 2016; sekalipun penjualan ZenFone 3 bisa dibilang sukses, namun Asus sempat merugi selama 3 kuartal pertama 2016 dan baru bisa meraup keuntungan di kuartal ke-4. Bisa ditebak, keuntungan tersebut masih belum cukup untuk menutup kerugian dari operasional selama 3 kuartal pertama.

Sebagai gambaran, tahun 2015 lalu Asus sukses menjual 20,5 juta unit smartphone, namun penjualan mereka turun menjadi 17,5 juta unit di tahun 2016. Tak mau kesalahan tersebut terulang kembali, Asus pun langsung melakukan gebrakan dengan mengumumkan 2 buah produk kelas flagship di awal tahun yaitu ZenFone 3 Zoom dan ZenFone AR. Bisa Anda tebak dari namanya, ZenFone 3 Zoom mengedepankan kemampuan kamera, sementara ZenFone AR merupakan ponsel pertama di dunia yang menggunakan 8GB RAM.

Asus masih belum mau berhenti begitu saja, karena kini mereka dikabarkan tengah sibuk mempersiapkan peluncuran ZenFone 4 di bulan Mei 2017. Belum ada keterangan lebih spesifik tentang kabar ini, namun para pemasok asal Taiwan menekankan kalau ponsel tersebut bakal memiliki spesifikasi yang lebih tinggi ketimbang ZenFone 3, juga harga jual yang lebih tinggi.

Idealnya, Asus bakal mengumumkan ZenFone 4 di pameran MWC 2017, dan dilanjutkan dengan peredaran ponsel tersebut mulai bulan Mei 2017. Asus bakal memiliki jeda waktu selama beberapa bulan untuk persiapan peredarannya, juga sejumlah polesan akhir agar ponsel tersebut bisa benar-benar memikat di mata pelanggan.