Mesin kasir adalah salah satu alat yang harus ada ketika membuka sebuah bisnis atau toko karena dengan pelayanan akan lebih mudah menggunakan alat ini. Mesin ini juga dianggap sebagai sarana yang tepat bagi yang ingin memulai suatu usaha supaya segala bentuk kecurangan karyawan bisa dihindari. Perhitungan pemasukan pun juga akan lebih mudah apabila memanfaatkan mesin satu ini, termasuk juga perhitungan keuangan usaha serta pencatatan transaksi selama melakukan bisnis. Alat elektronik ini tidak hanya bisa digunakan untuk retail, tapi juga bisa dipakai untuk warung kopi, rental penyewaan barang, toko kelontong, restoran, koperasi perdagangan, bidang industry serta apotek.
Fungsi Mesin kasir dalam Pemanfaatannya dalam Usaha Sehari-hari
Penghitungan secara modern dalam dunia bisnis, khususnya di toko-toko adalah dengan menggunakan sarana kasir elektronik, yaitu dengan menggunakan mesin. Beberapa fungsi serta keunggulan dari mesin ini yang perlu kita ketahui.
1. Pencatatan Transaksi Lebih Praktis
Kasir dengan bantuan mesin akan lebih sederhana, dan hal ini akan sangat terasa ketika proses transaksi penjualan terjadi. Mesin elektronik ini akan membantu untuk mengintegrasi sistem transaksi penjualan dengan adanya cash drawer atau laci secara modul. Ada tempat untuk menyimpan uang berupa koin dan juga ada tempat sendiri lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk uang kertas sehingga proses pemberian uang kembalian kepada pelanggan yang membayar juga lebih mudah dengan mesin kasir cash register.
2. Mengeluarkan Struk Penjualan
Dengan adanya mesin elektronik untuk proses transaksi penjualan, maka pembeli pun akan merasa diuntungkan sebab mesin ini juga berfungsi untuk mencetak struk penjualan yang berisikan barang-barang yang dibeli berikut harga setiap barang dan total pembayaran. Struk ini yang nantinya diberikan kepada pelanggan ketika proses pembayaran. Sesudah struk ter-print, maka secara otomatis ini akan keluar dengan sendirinya. Untuk sebuah bisnis kecil yang baru dimulai, mesin kasir murah banyak dijual secara online sehingga para pebisnis pemula bisa melihat-lihat.
3. Fungsi Lainnya
Mesin elektronik kasir memiliki beberapa fungsi lain yang dapat dimanfaatkan oleh para pemilik usaha, seperti halnya pencatatan laporan untung dan rugi yang stabil, menyimpan serta merekam data hasil laporan akhir, serta mencatat tentang segala pajak dalam penjualan. Tidak hanya itu saja, mesin elektronik ini pun mampu membuat proses transaksi dibuat lebih cepat berikut juga proses pengolahan data yang menjadi lebih optimal. Jadi, baik penjual maupun pelanggan akan bertransaksi secara lebih relevan dan menghemat waktu.
Mesin kasir harga yang ditawarkan di luar sana cukup beragam karena tergantung mesin dengan fitur seperti apa yang ingin dimiliki untuk kepentingan bisnis Anda. Hal ini dikarenakan jaman semakin canggih dan mesin elektronik kasir pun juga datang dengan berbagai fitur yang lebih modern. Bahkan di jaman sekarang, pengguna mesin ini dapat secara gampang menyambungkannya dengan mesin pembaca kartu debet/kredit, barcode scanner, serta timbangan digital yang termasuk di dalam perangkat bantu transaksi. Meski begitu, rata-rata harga mesin ini cukup terjangkau dan pembeli pun akan senang dengan bentuknya yang compact.
Mesin Biasa Vs. Mesin Berbasis Komputer
Mesin yang digunakan untuk kasir biasa hanya dapat mencatat data laporan hasil dari transaksi penjualan serta menghitung uang. Sementara mesin dengan basis komputer akan lebih lengkap dan lebih membantu sebab sudah terdapat piranti lunak yang tersemat di mesin tersebut dengan basis sistem operasi Unix, Linux, Windows atau justru DOS sehingga penyimpanan data akan lebih aman dengan adanya database yang handal. Ada kunci pengaman juga yang melengkapi mesin ini sehingga pengguna akan lebih nyaman menggunakan mesin kasir.