Tak banyak yang memahami dengan apa itu satelit GPS dan keterkaitannya dengan bagaimana sistem dari GPS bekerja.

Padahal Anda ketahui bahwa sebenarnya fungsi GPS sangat bergantung dengan sistem yang bekerja dalam satelit GPS tersebut.

Mungkin tidak pula Anda sadari bahwa kita selama ini hidup di bawah setidaknya 30 satelit yang berjalan dalam orbit mereka masing-masing.

Malah secara garis besar diperkirakan setidaknya terdapat 4 buah satelit yang bisa melacak satu titik yang sama di atas permukaan bumi. Anda bisa bayangkan sepadat apa sebenarnya jalur luar angkasa itu sebenarnya dan bagaimana bumi ini sebenarnya dikelilingi oleh satelit GPS ini.

Bagaimana kaitan antara satelit-satelit ini dengan fungsi dari sistem pelacakan GPS? Pada kesempatan ini kami akan mencoba mengulas bahasan ini secara sederhana untuk bisa Anda pahami dengan mudah. Tak ada salahnya memperluas pengetahuan mengenai cara kerja gadget yang selama ini sagat familier Anda gunakan.


Secara umum ada dua fungsi utama dari satelit yang mengorbit di atas langit bumi tersebut, yakni sebagai penangkap dan pelacak sinyal, serta sebagai pemancar sinyal.

Fungsi ini membuat satelit tidak sempit hanya berfungsi sebagai perangkat GPS atau pelacakan lokasi dan navigasi. Satelit juga menjadi perangkat penting telekomunikasi dan pemancaran gelombang televise dan radio. Termasuk pula gelombang sinyal internet.

Satelit GPS difungsikan sejak tahun 70an dan saat itu masih sepenuhnya penggunaannya masih berada di bawah penguasaan militer. Baru pada akhir 90an ada langkah-langkah awal untuk menggunakannya secara umum dan dikomersilkan secara resmi dibawah badan swasta pada kisaran tahun 2007.

Untuk bisa menggunakan sistem komersial dari satelit GPS, pihak korporasi perlu membeli hak akses dengan biaya tertentu.

Saat ini dikatakan tak kurang dari 30an satelit berseliweran di angkasa bumi dan berputar secara teratur dalam orbit masing-masing. Masing-masing berada dalam alur orbit masing-masing sehingga mustahil terjadi benturan. Meski demikian jarak antara satu satelit dengan satelit lain cukup berdekatan hingga setidaknya sebuah titik koordinat dalam area bumi bisa dibaca oleh 3 -4 satelit GPS.

Justru pembacaan oleh beberapa satelit inilah yang kemudian menjadikan data GPS akurat. Karena data koordinat sudah melalui proses croscek dari 3 – 4 penangkap sinyal. Memang sebenarnya satelit GPS hanya berfungsi menangkap sinyal eektromagnetik yang dikirimkan oleh pemancar dari produk gadget termasuk vehicle GPS tracker yang terpasang pada kendaraan.

Data yang Anda terima setelah Anda melakukan akses data adalah data yang sudah diproses dari beberapa data yang dikeluarkan beberapa satelit GPS dan dipancarkan kembali ke server yang ada dibumi dan akumulasi untuk akhirnya ditentukan titik koordinat utamanya. Dan itu sebabnya jarang ada kegagalan dalam pembacaan titik posisi sekaliun Anda menggunakan vehicle dengan harga murah.


Fungsi Satelit GPS Tetap Optimal Pada GPS Tracker

Seperti kami sampaikan tidak ada kaitan erat antara GPS tracker dengan harga yang tembus sampai di atas 2 -3 juta dengan produk GPS tracker murah dalam menerima layanan pelacak dari satelit GPS.

Karena sebenarnya kunci utamanya justru terletak pada kekuatan sinyal elektromagnetik yang diterima satelit.

Selama sinyal GSM pada vehicle cukup kuat dan stabil, maka data pelacakan juga tetap dalam kualitas dan akurasi yang baik.