Teknologi layar sebagai media penampil gambar digital kini telah berkembang pesat. Jika dahulu alat yang digunakan untuk menampilkan gambar berupa monitor CRT (Cathode ray tube) yang memiliki desain yang cukup besar karena masih menggunakan tabung untuk mempendarkan katoda yang selanjutnya akan menghasilkan gambar, kini telah banyak bermunculan teknologi-teknologi layar yang teridiri dari hanya dengan beberapa lapisan saja. Konsekuensinya? Tentu akan menghasilkan layar yang tipis, ringan namun tetap tajam dan nyaman untuk dipandang.Sekilas Tentang LCD*Liquid Crystal Display *atau disingkat dengan LCD adalah panel layar datar yang menggunakan sifat modulasi cahaya kristal cair. Kristal cair tidak memancarkan cahaya secara langsung, sehingga untuk pencahayaanya layar dengan teknologi harus memiliki tambahan back-light (cahaya latar).

Reflektif layar LCD:

    Film polarisasi filter dengan sumbu vertikal untuk polarisasi saat cahaya masuk.
    Substrat kaca dengan elektroda ITO. Bentuk elektroda ini akan menentukan bentuk yang akan muncul ketika LCD AKTIF. Pegunungan vertikal terukir di permukaan yang halus.
    Twisted nematic liquid crystal.
    Substrat kaca dengan film elektroda (ITO) dengan pegunungan horizontal.
    Film polarisasi filter dengan sumbu horisontal untuk memblokir atau meloloskan cahaya.
    Permukaan reflektif untuk mengirim cahaya kembali ke penampil. (Dalam backlit LCD, layer ini diganti dengan sumber cahaya.)

Perbedaan Layar IPS dan TN-TFT

Perbedaan antara IPS dan TN adalah susunan transistor dan kristal cair. Alasan mengapa IPS layar lebih cocok untuk reproduksi warna dan sudut pandang yang lebih besar adalah karena penataan polarizer dan orientasi kristal. Penataan kristal di layar TN menyebabkan sesuatu yang disebut “keterbelakangan sudut” dalam terang karena struktur kristal.

Lebih Jauh Tentang Thin Film Transistor dan In Plane SwitchingIPS adalah singkatan dari In Plane Swtiching, IPS merupakan teknologi panel pada LCD yang memungkinkan panel tersebut memiliki lebar dengan sudut penglihatan yang lebih baik dari pada panel konvensional. Jadi ketika dipandang atau dilihat dari sudut yang tidak biasa, tampilan layar tidak akan banyak berbeda saat dipandang dari sudut normal. Teknologi IPS merupakan panel terbaik saat ini. Istilah IPS memang baru belakangan ini sering disebutkan dalam spesifikasi handphone kelas menengah ke atas, namun sebenarnya panel IPS sudah diterapkan pada berbagai layar LCD, namuan tidak disebutkan spesifikasinya.TFT atau Thin Film Transistor merupakan teknologi panel yang banyak digunakan oleh produsen monitor LCD yang ingin meningkatkan kualitas gambar tapi dengan harga ringan. IPS adalah julukan dari teknologi baru untuk TFT, tentunya dengan harga yang lebih mahal. Spesifikasi dari teknologi panel IPS dianggap terbaik untuk tingkat akurasi yang tinggi dalam warna, kualitas gambar dan sudut pandang yang lebar.IPS awalnya dikembangnya oleh salah satu perusahaan yang paling terkanal di jepang yaitu Hitachi pada tahun 1996 untuk memecahkan masalah TN-Matriks. Saat ini ips banyak digunakan oleh para produsen LCD.Lalu setiap produsen memberi nama pada layar IPS buatan mereka, seperi Super IPS, Advance Super IPS, IPS Provctus, Hotizontal IPs, dan Enchaced IPS.Kekurangan dari layar IPS kecerahannya tidak tampil lebih baik dari panel TN, lalu ketika ada tampilan grafis yang bergerak pada kecepatan tinggi, terkadang bisa meninggalkan jejak. IPS merupakan layar yang harganya cukup mahal.KesimpulanMeski telah terjadi pembaruan-pembaruan teknologi terutama dalam konteks ini adalah mengenai teknologi layar, namun tetap saja masing-masing masih memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya layar IPS menampilkan warna yang konsisten dan akurat dari segala sudut. Namun, layar IPS lebih boros energi 15% lebih besar dari pada layar TN-TFT.