kalo kamu mau mulai membuat action videography tapi blum mau beli GoPro HERO4, banyak pilihan dari low end action cam sekarang. Yang terbaru dan paling populer sekarang adalah Xiaomi Yi.Yi menawarkan spek yang diatas rata-rata (video 1080p at 60fps, Image Resolution 16mp) tapi harga masih di kisaran 1-1,5 juta yang membuat Yi termasuk actcam paling murah. 

 
Sekarang Kami mau compare dengan camera kompetitor yang terdekat. GoPro HERO dan SJ5000+. Keduanya mempunyai spek yang unggul dengan harga yang masih terjangkau. Ketiga kamera disiapkan di dalam mobil di siang dan malam hari pada tempat berbeda. Penasaran? Cekidot gan...

default video dari SJ5000+ sedikit kelebihan sturasi dan kelebihan kontras daripada keduanya. Sebenernya bisa disetting dari kameranya sih sehingga bisa diubah sesuai kemauan. Sedangkan HERO dan YI lebih natural warnanya.
 
Pada malam hari, HERO mulai kehilanngan detail di kontras dari objek background yang jauh, tapi baik dalam mengambil cahaya dan memberi warna yang sepadan dengan aslinya seperti melihat aslinya.
 
 
Yang terakhir, aplikasi YI masih menggunakan bahasa cacing yang artinya belum bisa ditrima setiap orang. YI mempunyai bagian yang blurr di sebelah kanan. Hasil dari mengecek YI yang lain dan ternyata ini adalah cacat dari manufacturingnya. Video di YI agak eksentrik tapi mengganggu karena YI menulis 60fps footage yang membuat video yang baru ditaroh di tengah folder. Karena YI menumpuk chace ke beberapa file kecil jika mengambil video yang lebih lama. Sangat mengganggu saat editing.
 
STILL IMAGES
(Xiaomi - 16mp, SJCAM - 16mp, GoPro - 5mp)

Xiaomi Yi #1


SJCAM SJ5000+ #1


GoPro HERO #1


Xiaomi Yi #2


SJCAM SJ5000+ #2


GoPro HERO #2


Xiaomi Yi #3


SJCAM SJ5000+ #3


GoPro HERO #3


Walaupun HERO hanya mempunyai gambar resolusi 5mp While the HERO tapi paling bagus buat nangke true color bahkan di malam hari.


Pada comparison #2, baru dapat terlihat ada blurr di sebelah kanan YI.