Salah satu masalah yang sering dipusingkan oleh pengguna smartphone adalah daya tahan baterai yang dimilikinya.Mungkin kamu jadi penasaran, apa, sih, yang membuat baterai HP enggak bisa tahan lama? Minimal seharian lah.Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Jaka akan uraikan secara lengkap melalui artikel yang satu ini!

Baterai Smartphone dan Permasalahannya

Mayoritas smartphone sekarang menggunakan baterai lithium-ion battery atau sering disingkat sebagai Li-on battery.Baterai ini merupakan tipe baterai yang dapat diisi ulang dan berbentuk ramping sehingga banyak digunakan untuk smartphone.Mungkin kamu ingat berita tentang terbakarnya Galaxy Note 7 di dalam pesawat Southwest Airline pada tahun 2016.Hal itu bisa terjadi karena Li-ion mengandung elektrolit yang mudah terbakar.

Perkembangan Baterai HP Mandek?

Jika dibandingkan dengan komponen lain pada smartphone, bisa dibilang baterai termasuk yang berjalan di tempat tanpa ada kemajuan yang berarti.Ketika ukuran layar makin lebar, prosesor semakin kencang, perkembangan baterai justru stagnan, bahkan ada yang berpendapat menjadi lebih buruk.Jikapun ada perkembangan, mungkin hanya seputar fast charging ataupun wireless charging.Memang, ukuran baterai sekarang menjadi lebih tipis dan lebih kecil sehingga lebih efisien. Dengan kecilnya ukuran baterai memungkinkan kita memiliki smartphone yang ramping.

Kenapa Tidak Membuat HP dengan Kapasitas Baterai Ekstra Besar?

Handphone-handphone flagship jelas menawarkan performa yang lebih mantap. Belum lagi ketajaman warna yang terdapat pada layarnya ataupun koneksi internet yang lebih kencang.Akan tetapi, permasalahannya tetap sama: Baterai. Semua kelebihan yang ditawarkan HP flagship tentu membutuhkan daya baterai yang lebih besar.

Kita bisa berharap adanya baterai handphone dengan kapasitas baterai yang lebih besar. Akan tetapi, hal itu mengakibatkan kita akan memiliki handphone yang ekstra tebal.Enggak percaya? Coba deh kamu cek handphone dari Energizer yang memiliki kapasitas baterai sebesar 18.000 mAh.

Apa yang Menyebabkan Baterai HP Tidak Bisa Awet?

Tentu banyak faktor yang membuat handphone tidak bisa awet seharian. Di sini, Jaka mau memberitahu beberapa hal yang sangat menguras baterai.Yang pertama adalah adanya push notifications dari berbagai aplikasi. Ada berapa media sosial yang nongkrong di handphone kamu? HP jaman dulu bisa memiliki baterai yang sangat awet karena media komunikasi hanya bisa melalui SMS dan telepon. Mentok-mentok MMS.Itu baru media sosial, belum lagi aplikasi-aplikasi lainnya seperti aplikasi berita dan pemberitahuan update aplikasi.

Meskipun handphone kamu sedang berada pada posisi mati, tidak berarti handphonemu tidak ada aktivitas. Ada saja yang mungkin dikerjakan oleh smartphonemu, seperti auto update.Smartphone kerap kali melakukan aktivitas yang dikerjakan ketika layar mati. Hal ini disebut sebagai wakelocks.

Dengan demikian, aplikasi-aplikasi tersebut jelas mengonsumsi sumber daya CPU, yang secara otomatis akan menguras baterai juga. Selain itu, baterai Li-ion akan cepat terkuras kalau handphonemu panas. Jadi jangan heran kalau baterai handphonemu cepat habis ketika dibuat bermain game.

Gimana Cara Agar Baterai HP Awet?

Tentu ada solusi-solusi alternatif yang bisa kamu lakukan untuk memperpanjang umur baterai, seperti uninstall aplikasi yang jarang dipakai dan mengaktifkan power saving mode.Kalau kamu penasaran dengan tips-tips lainnya, langsung aja mampir ke artikel Jaka yang satu ini!Kamu juga bisa menggunakan aplikasi-aplikasi tertentu, di mana kamu bisa melihat daftar rekomendasi Jaka melalui artikel yang ini!

Akhir Kata

Gimana, sekarang udah tahu, kan, kenapa baterai smartphone enggak bisa awet sampai satu hari? Dengan demikian, kamu udah enggak penasaran lagi kenapa bateraimu cepat habis!

sumber : jalan tikus