Perhelatan pesta olahraga terbesar di Asia, Asian Games XVIII sudah di depan mata. Indonesia selaku tuan rumah terus membenahi segala sesuatu hal yang berkaitan untuk mendukung suksesnya pagelaran tersebut. Untuk menjamin keamanan atlet dan pengunjung saat pelaksanaan Asian Games 2018, 600 unit CCTV akan dipasang di Palembang. CCTV dipasang di beberapa titik kerawanan dan tempat keramaian.

Karo Ops Polda Sumsel, Kombes Bambang Suminto, menjelaskan bahwa pemasangan CCTV akan dilakukan mulai dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, akses masuk kota Palembang, pusat keramaian dan kawasan wisma atlet dan venue di Jakabaring Sport City (JSC). Pasca Asian Games, CCTV itu akan berguna untuk memantau keamanan kota. "Untuk memastikan kemanan, 600 CCTV akan dipasang untuk mendukung Asian Games 2018. CCTV ini bukan hanya untuk saat pelaksanaan Asian Games saja, tapi juga untuk memantau kejahatan di daerah rawan kejahatan."

Lebih lanjut dia menuturkan, nantinya CCTV yang dipasang akan terintegrasi dengan pusat informasi di Mapolda Sumsel untuk memudahkan koordinasi dengan petugas di lapangan. Pemasangan sendiri dapat terjadi penambahan tergantung situasi dan kondisi saat pelaksanaan. "Jumlah CCTV yang dipasang ini bisa saja bertambah tergantung situasi di lapangan. Untuk titik-titik pemasangan di mana, nanti Polresta Palembang yang akan menentukan dengan berkoordinasi antara pemerintah daerah dan Dinas Perhubungan," ujar mantan Karo Ops Polda Bengkulu ini.

Sementara itu, untuk memberikan kenyamanan pada atlet dan penonton nantinya, panitia akan menyediakan 50 unit bus dari Kementerian Perhubungan secara gratis. Sehingga saat pelaksanaan tidak ada penonton yang membawa kendaraan ke kawasan JSC.Selain 50 bus, ada pula LRT yang akan beroperasi untuk mengangkut penumpang dan masyarakat secara gratis. Untuk di Sumsel sendiri keuntungannya karena venue dan tempat penginapan atlet satu kawasan.