Kali ini saya akan membahas Kerusakan ringan pada kamera CCTV yaitu Infrared terus menyala walaupun dalam keadaan terang atau cukup cahaya.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa fungsi infrared adalah memberikan cahaya pada saat kondisi object yang disorot cctv dalam keadaan gelap atau kurang cahaya. Lalu bukankah tidak ada masalah jika  lampu infrared selalu menyala walaupun dalam keadaan terang? , Sayangnya tidak, karena Lampu infrared yang berada kamera memiliki daya yang terhubung pararel dengan IR Cut Modul, IR cut modul sendiri adalah modul yang terhubung dengan docking lensa kamera cctv, docking lensa ini memiliki penutup berupa film negatif yang terbuka dan tertutup secara otomatis berdasarkan triger tegangan dari IR cut. Dalam kondisi IR Cut menyala maka Film negatif ini menutupi jalan cahaya / tangkapan gambar yang masuk pada sensor CCD/CMOS, maka gambar yang dihasilkan akan berupa gambar hitam putih. Tentunya gambar hitam putih tidak kita harapkan apabila memang keadaan tidak darurat atau masih cukup cahaya.

 

Maka tentunya hal ini membuat kita tidak puas dengan hasil gambarnya yang hitam putih, karena cahaya masih dirasa cukup untuk menampilkan hasil berwarna.

Lalu masalah di bagian mana yang membuat kasus kerusakan seperti ini ? Standart pemeriksaannya kita urutkan sesuai alur sistem kerja infrared itu sendiri yaitu :

1. Sensor Intensitas Cahaya : Perangkat ini berada di alur terdepan yang menentukan Infrared aktif atau non aktif. Sensor ini berupa Resistor cahaya atau sering kita sebut dengan LDR, kemungkinan sensor ini rusak atau dalam keadaan tidak normal sehingga terus mengirimkan triger atau menganggap keadaan object sedang gelap.

Maka solusinya adalah dengan membersihkannya apabila memang tertutup debu, atau menggantinya dengan LDR baru, sensor ini biasanya terpasangan berdampingan dengan lampu-lampu infrared.

 

2. IR Cut Filter macet dalam posisi menutup. Jika IR Cut Filter dalam posisi menutup lubang lensa maka otomatis gambar akan hitam putih, seharusnya IR cut filter ini hanya menutup saat mendapatkan triger dari LDR atau sensor intensitas cahaya. penyebab IR cut filter macet bisa 2 macam, yang pertama magnet penggerak ir cut tidak berfungsi dengan baik, yang kedua plastik filter film negatif sudah tidak rata atau melengkung sehingga menyangkut pada celah-celah rel IR cut, hal ini biasanya disebabkan camera terlalu panas sehingga filter yang bahannya berupa plastik negatif film meleleh, atau dimungkinkan juga karena udara atau suhu dimana cctv terpasang terlalu panas. solusinya tentu dengan mengganti docking lensa kamera, Karena IR cut filter menyatu dengan docking lensa kamera, begitu juga magnet penggeraknya.

Sekian sekilas tentang informasi cara maintenance kamera cctv dengan kasus Infrared terus menyala walaupun dalam keadaan cukup cahaya, semoga bermanfaat, sampai jumpa lagi di pembahasan berikutnya dengan topik yang lain, Mohon maaf jika ada kata kata yang salah, Mohon dimaklumi atas keterbatasan ilmu,

 

 

 

 

Sumber : cctvterbaik.wordpress.com