“Pelanggan Adalah Raja.”

 

Seberapa sering Anda mendengar pepatah tersebut?

Sudah sejauh mana Anda, selaku pemilik bisnis telah memperlakukan pelanggan Anda seperti Raja?

Pepatah tersebut memang terdengar jika pelanggan adalah ‘sosok’ yang Agung. Faktanya, pelanggan memang memiliki peran yang penting bagi pemilik bisnis dari berbagai jenis bisnis yang ada saat ini.

Bayangkan, jika Anda membangun sebuah bisnis tetapi tidak memiliki pelanggan? Atau, pelanggan Anda tidak puas dengan pelayanan yang Anda berikan dan memutuskan untuk tidak melakukan transaksi di tempat Anda. Apa yang akan terjadi terhadap bisnis Anda? Mengingat tidak adanya pelanggan, sama dengan Anda tidak memiliki pemasukan.Jadi, bagaimana cara Anda untuk mempertahankan pelanggan yang ada saat ini?

 

Yuk simak tips dari Pawoon untuk membantu Anda dalam melakukan manajemen pada pelanggan :

 

1. Mengumpulkan Data Pelanggan

Mengumpulkan data pelanggan ketika bisnis Anda sedang ramai memanglah tidak mudah. Namun Anda tidak perlu khawatir. Di zaman yang telah modern seperti saat ini, sudah ada teknologi yang dapat Anda gunakan untuk memasukkan data pelanggan dengan cepat dan mudah. Point of Sale modern seperti Pawoon memiliki sistem untuk mengelola pelanggan yang memudahkan Anda untuk mengumpulkan data pelanggan seperti nama, alamat rumah, alamat email, dan nomor telepon.

2. Temukan Pelanggan Yang Paling Setia

Salah satu manfaat Anda menggunakan Point of Sale sebagai alat untuk mengelola pelanggan, Anda dapat mengidentifikasi pelanggan yang paling setia. Selain itu, laporan Manajemen Pelanggan juga dapat membantu bisnis Anda untuk menemukan tiga kelompok pelanggan utama yaitu; pelanggan yang memiliki dampak terbesar pada titik penjualan ataupun pelanggan yang cenderung kembali.