Apa itu Point Of Sales? Apa fungsinya?

Pada masa modern seperti saat ini. Dengan tujuan efisiensi & efektifitas penjualan membuat para pengusaha mencari solusi terbaik, tercepat & terpercaya untuk mengatasi perhitungan & data penjualan yang lengkap.

Dengan perkembangan jaman & teknologi. kebutuhan para pebisnis untuk memajukan bisnisnya sangat signifikan. Dalam kehidupan sehari-hari, tanpa kita sadari, kita sering menemukan transaksi POS(Point of Sales), misalnya pada saat kita berbelanja di toko-toko maupun mini market yang menggunakan mesin kasir.

 

Sebenarnya itu bisa dikatakan sebagai Point of Sales(POS). Namun POS disini lebih menjuru ke sebuah Software untuk  penjualan di toko. Biasa dalam bahasa Indonesia kita sering mendengar sebagai sistem kasir.

Pada dasarnya tujuan POS sendiri adalah untuk mempermudah catatan penjualan sebuah took dalam transaksi jual beli.

Sebelum kita menggunakan POS/Sistem lunak untuk membantu penjualan toko. Baiknya kita memahami fungsinya terlebih dahulu.
Fungsi dari POS sendiri adalah sebagai berikut :
- Melakukan pendataan setiap transaksi di toko Anda secara lengkap & detail, sehingga kita memiliki data total penjualan, laporan profit. Transaksi ini bisa dilakukan secara offline maupun online.
- POS dapat membantu pengecekan stock barang hanya dengan mencari kode barang/nama barang tersebut.
- POS dapat membantu melaporkan data stock yang lebih valid & dapat melihat pergerakan stock yang sesungguhnya.
- POS dapat mendukung untuk memberikan potongan harga, diskon maupun kode voucher.
- Dengan menggunakan POS, waktu transaksi menjadi lebih efisien & cepat.
- POS dapat membantu menyimpan database pelanggan toko kita, sehingga jika ada promosi, kita memiliki data customer & sewaktu-waktu dapat mengirimkan email, serta memiliki no telepon pelanggan.
- Transaksi penjualan menjadi lebih aman & dapat menghindari tindak kecurangan karyawan.

Untuk mengoptimalkan pengelolaan data transaksi yang lebih cepat & relevan. Teknologi mendukung dalam penggunakan sistem transaksi penjualan secara online menggunakan komputer yang sering kita dengar dengan sebutan POS Online.

POS(Point Of Sales) sendiri memiliki pengertian yaitu sistem kasir yang merupakan aktifitas yang berorientasi pada penjualan toko Retail maupun grosir.

Mengapa POS sangat dibutuhkan para pebisnis toko? Karena POS merupakan media yang dapat membantu & mempermudah dalam melakukan transaksi penjualan serta laporan transaksi penjualan yang lengkap. Mulai dari penerimaan uang maupun inventory stock.

Hal ini penting bagi pebisnis untuk memantau perkembangan serta produktifitas toko. Apalagi mengenai omzet(Indikator untuk penghitungan laba penjualan) toko Anda.

Selain itu juga, sering kali sistem kasir tidak dikelola pemilik toko langsung, namun dikelola karyawannya. Maka, dengan adanya POS, pemilik akan sangat terbantu untuk mengecek penjualan di toko & menghindari tindak kecurangan oleh karyawan. POS professional dapat mendukung penggunakan lebih dari 1 karyawan.

Kini, karena keterbatasan kinerja computer (POS Online) membuat para pebisnis mulai mengalihkan kebutuhan pada penggunaan smartphone (POS Cloud) yang semakin canggih.

Adapun pertimbangan keterbatasan penggunakan komputer adalah sebagai berikut:
- Kapasitas penyimpanan terbatas
- Transaksi POS yang sederhana
- Berat & sulit untuk dipindah-pindahkan
- Jika ada biaya upgrade sistem, pengeluaran cukup mahal
- Biaya maintenance yang tinggi, Jika ada kerusakan model, spare-part tidak mudah untuk ditemukan
- Jika Server Rusak, resiko data base customer akan hilang.

Seiring dengan perkembangan teknologi, sistem POS Online telah beralih ke fitur di smartphone dengan sebutan POS Cloud. Dengan biaya yang lebih murah & fitur canggih, hal ini dapat membantu transaksi POS di toko Anda berjalan lebih efisien.