Earphone atau headset merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mengeluarkan suara dari output sumber bunyi, sehingga kita bisa mendengarkannya. Alat ini sebenarnya adalah speaker pasif yng berukuran mini. Oleh sebab itu agar suara bisa kita dengar maka speaker dipasang dekat telinga bahkan (maaf) masuk kelubang telinga.

Kebanyakan earphone digunakan untuk mendengarkan musik dari Handphone, Tablet, Laptop/ Notebook dan sebagainya. Selain itu kalau kita lihat isinya hanyalah dua buah speaker woofer mini dan sebuah konektor (colok) audio saja. Namun seiring dengan berkembangan zaman maka muncullah berbagai model dan inovasi terbaru. Seperti headset pada HP atau Smartphone dilengkapi dengan tombol tekan yang berfungsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan telepon dan sebagainya. Selanjutnya muncul juga earphone yang dilengkapi dengan adjust volume sehingga kita bisa mengecilkan atau membesarkan suara melalui headset dan yang terbaru adalah headset bluetooth, jadi dengan headset yang ada bluetoothnya kita bisa mendengarkan sumber suara tanpa harus mencolokkan konektor audio ke Handphone maupun laptop.

    Lalu bagaimana jika earphone tersebut rusak?

Ada beberapa jenis kerusakan yang sering terjadi pada sebuah headset antara lain adalah sebagai berikut:

    Headset suaranya tidak normal. seperti tidak bisa ngebass lagi, berisik dan sebagainya.
    Suaranya kecil sebelah atau keduanya
    Mati sebelah atau keduanya.
    Headset kadang bersuara kadang tidak.
    Earphone tombolnya tidak berfungsi.
    Adjust volume tidak berfungsi.
    Dan lain-lain

Untuk memperbaiki kerusakan seperti diatas, maka kita butuh beberapa peralatan untuk mempermudah dalam memperbaikinya, diantaranya adalah:

    Multimeter
    Cutter atau gunting
    Solder + timah
    Obeng mini
    dan lainnya sesuai kebutuhan.

Setelah semua peralatan disiapkan selanjutnya adalah mengidentifikasi kerusakan, caranya adalah apabila kita merasa headset kita rusak cobalah untuk dipasang pada handphone atau laptop lain yang sesuai. Selanjutnya pastikan gejala kerusakan seperti apa, kemudian barulah kita cek letak kerusakan pada headset tersebut.

Cara memperbaiki Earphone yang Rusak.
Jika suara berisik,tidak normal terutama saat volume dikeraskan maka kemungkinan speaker earphone sudah tidak presisi pada bagian spul didalamnya atau daun speaker berlubang, sobek dan sebagainya. Untuk itu perlu kita ganti yang baru speakernya, karena sangat sulit untuk mengganti spul speaker yang berukuran mini ini.Tapi jika membeli speaker dengan beli baru harganya tidak jauh berbeda ya mending beli yang baru saja menurut saya.

Jika Suara kecil sebelah ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab, diantaranya adalah apabila menggunakan adjust volume stereo kemungkinan trimpot (Variabel resistor) rusak. Selain itu bisa juga disebabkan lemahnya speaker pada earphone. Untuk memperbaikinya tentu kita ganti juga bagian yang rusak.

Kemudian ada lagi jenis kerusakan yaitu mati sebelah atau bahkan keduanya. Untuk memperbaikinya tentu kita cek terlebih dahulu mulai dari konektornya dengan multimeter, Biasanya pada colokan headset ada 2 pin, 3 pin dan 4 pin.

    Untuk 2 pin berarti headset tersebut hanya ada dua kabel dan berarti mono. Cara pengecekan adalah dengan menghubungkan kedua pin dengan kedua probe multimeter (selector posisi ohm). Maka jarum harus bergerak menunjuk nilai ohm yang rendah.
    Untuk 3 pin berarti terdiri atas Speaker R, Speaker L dan Ground. Untuk mengecek speaker R kita tempelkan probe ke pin paling ujung dan yang satunya ke pin pada pangkal. Selanjutnya untuk mengecek speaker L kita tempelkan pin tengah dengan pangkal. Jika jarum tidak bergerak sedikit atau tidak bergerak sama sekali. berarti disitulah letak kerusakannya.
    Untuk 4 pin berarti terdiri atas Speaker R, L, Mic dan Ground. Caranya sama saja seperti diatas. Hanya saja pada pin ke 3 biasanya adalah pin mic. Untuk microphone tidak berfungsi caranya juga sama seperti diatas.

Jika letak kerusakan sudah kita temukan maka langkah selanjutnya adalah dengan membuka penutup speaker mini. Kita cek kabel antara konektor dengan mic. Jika ada yang tidak terhubung, maka kemungkinan kabel putus. Biasanya putusnya berada di dekat konektor atau didalam box microphone.