RDA merupakan salah satu alat penting dalam vaping. Banyak yang bilang RDA akan berpengaruh pada rasa dan juga cloud yang dihasilkan. Namun, untuk itu tentu saja membutuhkan RDA dengan harga yang tidak murah. Harga RDA untuk yang berkualitas bisa mencapai hingga 1 juta rupiah lebih. Oleh karena harganya yang mahal itu, tak jarang ditemukan RDA clone alias versi tiruannya. Lalu apa yang membedakan serta bagaimana untuk memilihnya? berikut akan kita ulas perbedaan RDA Clone dan authentic.

Wujud Fisik
Istilah Clone yang berarti tiruan sudah pasti menghasilkan barang yang mirip. Namun kemiripan ini ternyata masih banyak ditemukan perbedaan. Karena tentu saja versi Clone mengincar harga yang lebih murah sehingga material yang digunakan terkadang tidak sebaik atau berkualitas layaknya barang asli. Perbedaan RDA Clone dan authentic yang paling terlihat adalah finishingnya. Dimana pada Clone finishingnya terlihat nanggung atau masih terlihat asal-asalan. Sedangkan untuk versi authentic, setiap detil dari RDA terlihat sangat presisi untuk setiap potongan atau sambungannya.
 

Perbedaan RDA Clone dan Authentic, Perhatikan Sebelum Membeli


Size
Untuk perbedaan RDA Clone dan authentic dalam hal size sepertinya ada sedikit perbedaan. Untuk versi authentic, size yang disediakan umumnya berukuran 22 mm, 24 mm dan 25 mm. Sedangkan untuk RDA clone umumnya sangat jarang ditemui ukuran 25 mm, walaupun kadang ada juga. Lalu apa perbedaan dari ukuran ini? Sebenarnya perbedaan dari ukuran ini hanyalah bergantung dari selera vapers itu sendiri. Jika anda mencoba pada ukuran 22 mm terasa nyaman maka anda bisa menggunakan RDA 22 mm.

Packaging
Perbedaan RDA Clone dan authentic lainnya ada pada packagingnya. Untuk RDA Clone biasanya hanya dibungkus atau dikemas dalam kardus box yang kurang rapi. Jikalaupun dikemas dalam wadah box seperti versi authenticnya, maka tidak akan ditemui nomor unik atau nomor seri pembuatan. Nomor seri atau nomor unik pembuatan ini tentu saja akan berguna untuk mengklaim garansi dan sebagainya. Selain itu pada box versi authentic, semua printingnya jelas terlihat.

Harga
Meskipun disebut sebagai versi clone atau versi tiruan, namun perbedaan RDA Clone dan authentic dalam hal harga tidak terlalu berbeda jauh. Hal ini tentu saja bisa menjadi jebakan bila anda tidak memilihnya dengan tepat. Semisalkan RDA Goon dihargai berkisar antara 750 ribu hingga 1 juta rupiah, maka harga versi clone yang bisa ditemukan adalah berkisar antara 700 ribu hingga satu juta rupiah. Hal ini dikarenakan akan permintaan yang besar dari konsumen. Oleh karena itu akan lebih baik jika anda mencari rekomendasi terlebih dahulu tentang toko toko yang menyediakan part dan juga device berkualitas sebelum membelinya. Akan lebih baik pula jika anda mencari tahu mengenai ciri fisik RDA authentic sehingga bisa mengenali palsunya.