Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan mesin pembaca barcode atau yang sering kita sebut dengan barcode scanner, bukan? Ya, alat ini berfungsi untuk membaca kode barcode yang tertera pada kemasan produk atau penanda barang. Ada banyak macam barcode scanner yang beredar di pasaran. Bagi Anda yang masih awam di dunia per-barcode-an, pastilah Anda akan kebingungan menentukan pilihan barcode yang tepat yang cocok untuk keperluan bisnis Anda.

 

Sebelum membeli barcode scanner, tentu Anda tidak langsung memilih secara acak atau asal-asalan. Kenyataannya, memilih barcode scanner yang sempurna untuk memenuhi kebutuhan setiap bisnis Anda bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum menentukan pilihan barcode scanner yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Berikut ini tips yang dapat Anda jadikan sebagai bahan panduan dalam memilih barcode scanner.

 

  1. Barcode 1D atau 2D

Barcode 2D biasanya lebih sering digunakan. Barcode scanner ini dapat menyimpan informasi yang lebih banyak daripada barcode scanner 1D.

 

  1. Seberapa sering barcode scanner digunakan

Apakah Anda menggunakan barcode scanner untuk keperluan sehari-hari? Seperti untuk keperluan mengecek harga barang di kasir dan memantau stok barang di gudang? Atau bahkan Anda menggunakannya untuk skala yang lebih besar? Tidak semua barcode scanner cocok untuk penggunaan yang terlalu sering atau dipaksa bekerja terlalu berat. Untuk membaca ratusan atau bahkan ribuan barcode, Anda memerlukan barcode scanner yang lebih kuat, mampu membaca barcode dari kejauhan dengan cepat.

 

  1. Model barcode scanner yang digunakan

Ada model barcode scanner yang dapat diletakkan di meja dan ada juga yang berbentuk handle. Terkadang, barcode scanner yang diletakkan di meja (tanpa handle) tidak selalu nyaman digunakan. Anda harus memposisikan barcode ke scanner secara tepat agar barcode atau kode tersebut dapat terbaca. Selain itu, ada juga barcode yang menggunakan kabel dan nirkabel (menggunakan Bluetooth, tanpa kabel).

 

  1. Harga, Garansi, dan Kualitas

Dengan banyaknya merk barcode scanner yang ada di pasaran, maka bervariasi pula harga yang ditawarkan. Tidak jarang, pembeli tergiur dengan harga yang murah tanpa mempertimbangkan merk dan kualitas. Ada baiknya jika Anda membandingkan antara harga barcode scanner dengan jaminan kualitas yang ditawarkan. Selain itu, perhatikan berapa lama garansi produk yang ditawarkan. Biasanya, garansi dapat menentukan kualitas produk.

 

Kiswara menyediakan berbagai varian barcode scanner dengan jaminan kualitas terbaik dan layanan purna jual terpercaya. Segera gunakan barcode scanner EPPOS