Dunia bertransaksi kian hari kian menemukan kemudahan yang menarik untuk diikuti. Salah satunya adalah dalam hal memproses transaksi bayar membayar. Tidak seperti sebelumnya ketika konsumen berbelanja ke toko atau restoran yang kita miliki, penjual lantas melakukan transaksi dengan menerima kemudian mencatat keuangan yang masuk dalam secarik kertas.
Namun dengan hadirnya sistem POS atau mesin kasir otomatis. Proses bertransaksi semakin mutakhir dan mudah dilakukan. Sistem POS (Point of Sales) memungkinkan penjual untuk dapat menghitung seluruh jumlah dan harga yang dibeli konsumen serta menyertakan tanda terima transaksi pembelian yang biasa disebut dengan struk.
Akan tetapi, karena POS adalah sebuah sistem maka penting sekali untuk memperhatikan kapan anda perlu mengganti atau memperbaharui sistem POS. Dibawah ini kami berikan tanda-tanda kapan anda perlu mengganti atau memperbaharuinya.
Tanda Anda Perlu Mengganti/Memperbaharui Sistem POS
Mengganti atau memperbaharui sistem POS ketika ada banyak konsumen yang hilir mudik di tempat usaha anda, bisa mungkin menjadi hal yang sulit untuk dilakukan karena sebagai seorang pemilik bisnis tentunya kita tidak ingin menghambat transaksi dengan hal-hal lain yang membuat si konsumen merasa tidak nyaman. Akan tetapi, sistem POS perlu diperbaharui atau diganti ketika sudah dalam kondisi berikut ini:
Ketika Performa Sistem Tidak Bekerja dengan Semestinya
Manfaat dari menggunakan sebuah sistem digital tentunya adalah memudahkan anda dalam melakukan sesuatu dengan lebih cepat. Termasuk dengan sistem POS yang digunakan pada mesin kasir. Usaha yang anda jalankan boleh jadi satu langkah lebih canggih karena hadirnya mesin kasir berbasis sistem Point of Sales yang memudahkan anda dalam bertransaksi.
Akan tetapi, hal penting yang perlu diingat dengan baik adalah ketika sistem terlalu banyak digunakan maka bukan tidak mungkin, sistem mengalami penurunan kemampuan. Bisa jadi dalam hal ini, sistem yang tidak pernah diupgrade mengalami kinerja yang berat dan menghambat transaksi.
Untuk itu, penting sekali untuk melakukan maintain atau pemeriksaan dengan baik. Bila anda khawatir untuk mengganggu kenyamanan pengunjung maka lakukan pemeriksaan sebelum tempat usaha anda buka.
Sistem POS Tidak Melakukan Transfer Inventaris (Produk) dengan Baik
Seiring dengan berkembangnya usaha yang anda miliki. Tentunya kebutuhan tempat atau space di gudang untuk menyimpan produk akan semakin besar. Nah, biasanya hal ini akan membuat anda membutuhkan sistem POS yang dapat melacak pergerakan persediaan barang anda antar lokasi.
Ada beberapa alasan mengapa hal ini bisa sangat membantu, salah satunya untuk menghindari masalah yang kompleks. Seperti menjual terlalu banyak produk yang sama karena persediaan barang muncul dibeberapa gudang.
Atau mungkin problem yang lain bisa mungkin membuat konsumen menunggu terlalu lama karena persediaan produk tidak sampai dengan tepat waktu setelah si konsumen melakukan pemesanan.
Ketika Pelaporan Tidak Aktual
Untuk benar-benar memahami bagaimana bisnis anda berjalan, anda perlu memiliki rangkaian pelaporan yang update dan aktual.
Dalam hal ini laporan penjualan akan memberikan gambaran pada anda tentang departemen dan kategori apa saja yang paling memberikan penghasilan lebih banyak. Selain itu, laporan ini pun akan memberikan anda rujukan tentang barang apa saja yang tersimpan di gudang selama berbulan-bulan.
Nah, ketika anda hendak mengembangkan usaha maka informasi semacam diatas akan penting untuk anda miliki. Untuk itulah mengapa memperbaharui sistem POS penting dilakukan. Sebab ada beberapa informasi yang akan anda butuhkan. Diantaranya:
- Informasi mengenai penjualan berdasarkan item dan jenis barang
- Informasi penjualan berdasarkan departemen, kategori dan supplier
- Informasi penjualan oleh karyawan dan pelanggan
- Penjualan berdasarkan jenis tender seperti transaksi melalui kartu debit, kredit dan lain sebagainya
- Informasi laporan register seperti ringkasan shift
- Laporan nilai persediaan barang
- Riwayat penyesuaian inventaris.
Ketika sistem POS yang anda gunakan tidak diganti atau diperbaharui maka mungkin laporan semacam ini belum memadai pada sistem yang lama sehingga hal ini bisa mungkin menghambat anda untuk bisa menikmati fasilitas semacam ini.
Ketika Sistem POS Tidak Menawarkan Perbandingan dalam Laporan
Perbandingan dalam laporan adalah salah satu cara paling penting untuk memastikan jika bisnis yang anda jalankan berkembang sesuai dengan yang anda harapkan. Nah, untuk mengetahui hal ini tentunya kita akan butuh pembanding data.
Anda tidak hanya perlu membandingkan data dari bulan atau tahun sebelumnya untuk membantu memprediksi pertumbuhan dalam bidang usaha yang sedang anda jalankan. Akan tetapi Anda juga harus membandingkan data di seluruh kategori untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana pelanggan merespons iklan dan promo yang anda lakukan, bagaimana produk anda terjual dan masih banyak lagi.
Untuk itulah, ketika sistem POS anda tidak memiliki feature yang satu ini maka pertimbangkan untuk mengganti atau memperbaharuinya dengan sistem yang lebih canggih dan terbaru.
Sementara itu, ada sistem POS yang lebih canggih yang mampu melakukan semua kebutuhan tersebut diatas. Sistem POS tersebut adalah sistem dari ERPLY yang menawarkan semua perbandingan penting ini dalam spreadsheet yang mudah diekspor sehingga hal ini akan tentu memudahkan anda untuk mengaksesnya kapan saja.
Ketika Tidak Ada Opsi Filter yang Cukup dalam Laporan
Ketika Anda melihat laporan yang disajikan oleh sistem POS yang Anda miliki, seberapa mudah bagi Anda untuk mengambil informasi yang Anda butuhkan pada waktu tertentu?
Apabila sistem yang digunakan tidak mampu menyaring beberapa informasi tertentu yang anda butuhkan dalam sebuah laporan. Seperti misalkan laporan mengenai informasi anggaran dana yang anda miliki, atau mungkin informasi mengenai perencanaan strategi pemasaran, pemesanan persediaan dan masih banyak lagi. Maka alasan inilah yang mungkin bisa menjadi salah satu hal yang menuntut anda untuk segera mengganti sistem POS anda dengan sistem yang lebih baru dan lebih mutakhir.
Nah, sistem POS dari ERPLY sendiri memberikan anda solusi yang satu ini. Hal ini dikarenakan ERPLY memiliki banyak filter, mulai dari mata uang yang digunakan untuk membayar pesanan, syarat pengiriman, jenis transaksi, rasio pajak, hingga hal-hal lainnya seperti kontrak pelanggan, jenis transportasi, dan masih banyak lagi.
Kurangnya Mobilitas dan Fleksibilitas Pada Sistem POS Anda
Sama halnya seperti ketika anda menginginkan pilihan layanan pelanggan yang fleksibel, Anda tentu juga menginginkan sistem POS Anda menjadi fleksibel dan mampu diakses dalam aplikasi sebuah ponsel. Sebab dewasa ini semua orang tentunya menginginkan segala hal yang lebih fleksible dan bisa mudah dibawa kemana-mana.
Nah dengan menggunakan Mobile Point of Sale (mPOS), Anda dapat menjual di mana saja mulai dari toko online sampai dengan pedagang kaki lima tanpa perlu mengorbankan fungsi dari sistem itu sendiri.
Sistem yang lebih canggih ini pun memungkinkan anda untuk menggunakannya di toko dan memungkinkan si pelanggan melakukan transaksi pembayaran dengan lebih cepat dan mudah.
Nah, solusi penjualan berbasis tablet seperti iPad POS dari ShopKeep salah satunya yang akan dapat memberikan para penjual atau pelaku usaha fitur-fitur penting ini. Sebab diantaranya ada feature pelengkap lainnya seperti:
Scanner barcode bluetooth yang mampu mempercepat waktu transaksi. Selain itu, ketika anda memberikan feature tambahan seperti registes menggunakan iPad yang dapat digunakan untuk mempermudah ketika ada transaksi yang membludak dimana hal ini akan tetap menjaga transaksi berjalan dengan lancar.
Selain itu, sistem POS dari Shopkeep ini pun memungkinkan anda untuk bisa mencetak email dan tanda terima yang mana tentunya feature ini seringkali dibutuhkan oleh para pelanggan.