Barcode kini menjadi teknologi yang popular dan banyak dibutuhkan. Kebutuhan dari pelacakan barang, bagi perusahaan untuk mengumpulkan data untuk kegiatan jual/beli, barcode bisa diaplikasikan. Bahkan, banyak situs online sekarang menawarkan generator barcode gratis. Menyediakan fitur ini dengan tanpa biaya kepada pengunjung website adalah fitur promosi yang hebat untuk website, sebuah fitur alternatif yang hemat biaya untuk bisnis dan pengusaha yang ingin melacak keberadaan dari layanan dan produk mereka.

Ada beberapa situs yang menawarkan generator linier standar dan generator barcode 2D. Untuk seseorang yang belum pernah menggunakan generator barcode online sebelumnya, mungkin terkejut dengan kesederhanaan proses pembuatan barcode. Langkah pertama untuk menggunakan generator adalah mengetahui secara spesifik tentang apa jenis barcode untuk membuat.

Generator barcode biasanya menawarkan beberapa jenis format barcode standar, termasuk Kode 128, Code 39, Ean 8 dan 13, UPC A, 2 dan 5, serta US Postal. Beberapa generator 2D memberikan pengguna pilihan matriks data atau format QR. Setelah memilih jenis barcode, pengguna akan perlu memilih output dari barcode yang dapat JPG atau PNG format. opsi tambahan yang dapat disesuaikan termasuk jenis font lebar dan tinggi barcode Anda. Langkah terakhir dari proses ini memasuki data yang akan dienkripsi dalam barcode itu sendiri.

Perbedaan paling jelas antara linear 1D dan barcode 2D penampilan mereka. Misalnya, kode linear 1D terdiri dari beberapa bar vertikal yang dikodekan dengan data. Adapun format data matriks 2D, gambar mungkin tampak piksel hitam dan putih acak, tapi yakinlah, ada pesan dikodekan dalam gambar ini juga.

Memang benar bahwa 1D linear barcode telah dipakai paling lama dari semua format barcode, tetapi ini jenis barcode secara bertahap telah digantikan oleh penggunaan 2D dan 3D barcode. Sebuah kenyamanan utama 2D dan 3D barcode adalah mereka dapat dibaca oleh kamera ponsel dan aplikasi ponsel pintar. Ini berarti konsumen di mana saja dapat mengumpulkan data tentang produk dalam sekejap dengan memindai dengan ponsel mereka bukan membutuhkan scanner khusus. Masa depan menggunakan ponsel dan barcode untuk mentransfer dan melacak informasi berkas dan dokumen transfer. Meskipun ada telah terjadi perkembangan di daerah ini, popularitas fungsi ini masih terus berkembang. Beberapa barcode 3D saat ini dapat menyimpan video untuk perangkat mobile dan itu hanya masalah waktu sebelum barcode menjadi bentuk utama berkomunikasi dan mengirim data ke satu sama lain. Kemampuan untuk membuat barcode online adalah langkah menuju masa depan komunikasi dan pengumpulan data.