Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan tips menentukan kebutuhan CCTV di lokasi / project anda, adapun hal yang harus diperhatikan sebagai berikut:

1. Menentukan lokasi yang akan dipantau oleh CCTV
Dalam menentukan kebutuhan kamera, tentunya kita perlu menentukan terlebih dahulu area/lokasi yang akan dilakukan instalasi CCTV karena hal ini sangat berpengaruh dalam menentukan spesifikasi kamera yang akan digunakan. Dalam menentukan lokasi, hal yang perlu diperhatikan beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
a. Kondisi pada malam hari; gelap, minim pencahayaan atau terang?
b. Kondisi pada pagi, siang, menjelang sore; pada kondisi mana yang terjadi backlight?
c. Area instalasi; Indoor / Outdoor?
d. Jarak CCTV ke objek?
e. Gambaran denah lokasi
f. dll

 

2. Menentukan Kebutuhan spesifikasi CCTV
Setelah pada poin pertama menentukan lokasi, maka selanjutnya adalah menentukan kebutuhan kamera / spesifikasi kamera yang akan digunakan. Adapun yang harus diperhatikan dalam hal ini adalah sebagai berikut:
a. Apakah membutuhkan kamera IR?
b. Apakah membutuhkan kamera outdoor / indoor?
c. Jarak IR yang dibutuhkan ketika malam hari?
d. Kebutuhan CCTV hanya untuk pemantauan atau keamanan?
e. Penggunaan IP Camera / Analog Kamera?
f. dll

3. Menentukan Kebutuhan koneksi
Selanjutnya hal yang harus diperhatikan juga adalah koneksi end to end antara kamera dan server, saat ini berbagai cara koneksi end to end dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti koneksi menggunakan wireless, point to point, kabel, dll. Untuk hal ini, anda dapat berkonsultasi langsung dengan para Sistem Integrator yang kompeten dalam hal ini.

4. Menentukan Budgeting
Hal yang paling penting dari segala hal yang diatas adalah BUDGETING. Tentunya anda pribadi yang memahami mengenai keuangan anda sendiri. Dalam hal ini saya hanya dapat menyarankan tidak semua produk berkualitas dapat anda beli dengan HARGA MURAH, tentunya anda namun pastinya anda akan mengeluarkan budgeting yang lebih untuk melakukan “survey”. “WHAT YOU PAID IS WHAT YOU GET”

Apabila anda masih bingung dalam menentukan spesifikasi kamera dan kebutuhan kamera anda, kami siap membantu anda menentukan kebutuhan dan create project anda. Hubungi kami di kontak yang sudah tertera dibawah. Demikian artikel ini kami tulis, terima kasih atas perhatiannya.

 

 

 

 

 

Sumber : tangerangsecurity.com