Tanpa disadari, dukungan teknologi informasi dapat menjadi kunci penting keberhasilan bisnis Anda,

Berikut adalah beberapa poin yang dapat menjadi tolok ukur Anda, apakah usaha Anda membutuhkan bantuan software atau tidak,

  1. Anda lupa jumlah stok produk Anda yang siap jual,
    Mencatat data produk Anda dan stok Anda di buku, adalah pekerjaan yang menghabiskan waktu, dan rawan kesalahan dan tidak seharusnya Anda kerjakan. Anda seharusnya lebih konsen kepada bagaimana membuat pelanggan membeli di tempat Anda daripada sibuk mengurutkan dan mencari produk Anda di sebuah buku usang.
  2. Produk Anda banyak yang rusak tanpa Anda sadari,
    Tanpa sadar, semakin bertambahnya stok produk Anda, beberapa menjadi rusak,hilang, atau sudah tidak trending lagi, tergantung dari jenis usaha Anda, jika di bidang teknologi, tentunya produk lama akan segera tergusur dengan produk baru, jika Anda di bidang makanan, produk yang expired atau rusak akan sangat merugikan Anda.
  3. Anda lupa kontak supplier untuk produk Anda,
    Ketika produk Anda habis, Anda lupa untuk melakukan order kembali, dan Anda lupa juga untuk mencatat supplier dari produk ini, atau Anda lupa harga terakhir Anda mengorder.
  4. Anda melupakan pelanggan Anda,
    Pelanggan Anda komplain karena barang rusak, dan Anda menolaknya karena alasan tidak ada struk, wow, ini adalah alasan klasik yang menyebabkan pelanggan lari dari toko Anda dan menuju ke toko-toko besar yang lebih memperhatikan pelayanan pelanggan.
  5. Anda menjual produk Anda terlalu murah atau mahal,
    Tanpa pencatatan harga pokok penjualan yang benar, Anda dapat saja salah menentukan harga, menyebabkan kerugian yang akan terlihat di jangka waktu yang lama.
  6. Keuangan harian Anda tidak pernah cocok
    Setiap tutup kasir, hasil kas Anda tidak cocok dengan catatan Anda, ini adalah indikasi bahwa Anda membutuhkan pencatatan yang lebih teliti,
  7. Terlambat menagih piutang atau membayar hutang,
    Keterlambatan menagih piutang adalah kerugian yang sangat besar karena berkurang peluang Anda mendapatkan modal yang cair, dan keterlambatan membayar hutang menyebabkan buruknya reputasi Anda di supplier, akan merugikan Anda secara jangka panjang,
  8. Koreksi inventory Anda memakan waktu sangat lama,
    Jangan buang waktu Anda melakukan kegiatan berulang-ulang dan lama, lihat nomer 1, Anda seharusnya berfokus kepada mencari pelanggan baru dan menjual produk Anda, daripada melakukan kegiatan administrasi yang membosankan ini.
  9. Pegawai Anda menjadi sangat banyak,
    Karena proses manual Anda, Anda secara tidak sadar akan mempekerjakan pegawai yang banyak untuk mempercepat semua aktifitas Anda, padahal dengan sedikit sentuhan teknologi IT, Anda akan dapat mengurangi beban pegawai dan mengoptimalkan penggunaan biaya Anda.
  10. Kesulitan membuat laporan keuangan,
    Bank, pajak atau pemilik modal, akan meminta laporan keuangan Anda untuk keperluan pelaporan pajak atau pengajuan kredit, jangan buang waktu Anda meghitung secara manual semua proses pembuatan laporan keuangan.