Print test page

4 Langkah Mudah Test Printer Dengan Print Test Page – Printer termasuk ke dalam output device yang bergunakan mengeluarkan hasil layaknya monitor, Bedanya kalau monitor gambar di layar sedangkan printer jika ingin melihat gambar harus dicetak dulu.

Sebelum mencetak sebaiknya kita test printer dulu supaya mengetahui hasilnya. Melakukan test printer terlebih dahulu sangat membantu dalam mengantisipasi kerusakan hasil cetak yang berujung pada banyak kertas yang terbuang percuma karena hasil cetak jelek.

Test Printer menggunakan fitur yang sudah disediakan oleh windows lumayan membantu seperti print test page. Sebagian orang mungkin tidak tahu bahkan bingung dalam melakukan test printer seperti ini.

Print test page lebih fokus pada hasil cetak warna hitam, sehingga warna magenta, cyan, yellow akan dites sedikit. Kadang juga aneh sendiri ya????

 

Berikut langkah-langkahnya untuk test printer:

1. Persiapkan kertas A4 dengan tebal sekitar 60 gram
2. Masukkan kertas tersebut ke tatakan printer usahakan jangan 1 kertas tetapi lebih baik gunakan minimal 10 kertas supaya roler penarik kertas kerjanya tidak berat

Langkah Melakukan Print Test Page :

1. Klik tombol start windows >>>>pilih devices and printers (seperti gambar dibawah)
Print Test Page
 
2. Klik kanan jenis printer >>> pilih Printer Properties (Seperti gambar dibawah)
Print test page
 
3. Pilih general >>> pilih print test page (Seperti gambar dibawah)
Test Printer Ketiga
 
4. Setelah meneka tombol Print Test Page kertas akan tertarik dan printer langsung mencetak

Jika hasil cetakan jelak maka sahabat bisa melakukan troubleshooting printer atau bahasa kerennya perbaikan sendiri dengan cara cleaning printer karena melalui cleaning siapa tahu hasil cetakan bisa membaik dan bisa digunakan lagi.