Salah satu hal paling penting bagi pemilik bisnis dalam menjalankan bisnisnya dengan efektif adalah kemampuan untuk melacak persediaan. Cara terbaik untuk melacak persediaan stok adalah untuk memiliki sistem Point Of Sale (POS) yang solid. Sistem ini tidak hanya memantau penjualan, persediaan, dan arus kas, tetapi mengelola bisnis secara keseluruhan. Sebuah sistem POS berkinerja tinggi membantu Anda untuk meningkatkan operasi bisnis dengan perampingan persediaan stok, melacak item yang paling populer dan mengelola laporan penjualan harian.

Untuk memilih perangkat lunak manajemen ritel untuk bisnis Anda yang terbaik, Anda perlu untuk menghindari kesalahan-kesalahan berikut:

Tidak mencari tahu informasi dengan baik

Kebanyakan pemilik bisnis yang berakhir kecewa dengan software point-of-sale yang telah ddibeli karena mereka tidak melakukan penelitian yang cukup. Dengan menggunakan pencarian Google akan memberikan banyak pilihan untuk memilih dari hasil pencarian mesin pencari. Anda dapat meminta demo dan konsultasi gratis dari hasil pencari yang Anda pilih. Berdasarkan demo software tersebut, Anda bisa memilih sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Tidak memeriksa referensi referensi

Ketika Anda ingin tahu sudah berapa banyak pengguna software yang mereka buat maka sebagian besar vendor akan memberikan Anda referensi terbaik mereka. Mulai lah dengan meminta mereka untuk memberikan referensi lokal terdekat Anda agar bisa mendapatkan informasi dan testimoni diluar vendor. Anda harus mengunjungi toko restoran / ritel lokal, yang menggunakan sistem POS dari vendor yang sama untuk memastikan kualitas dan efektivitas. Setelah melihat produk, Anda akan dapat memilih produk yang terbaik baik dari segi fitur dan kualitas.

Tidak mencari opsi dukungan tambahan

Pilihan dukungan dari vendor sangat penting untuk setiap perangkat lunak atau perangkat keras. Sebuah sistem dukungan yang handal sangat berharga untuk memastikan vendor Anda bisa menyediakan layanan dukungan untuk membantu untuk memenuhi semua kebutuhan Anda jika bisnis mengalami pengembangan lebih besar.

Membeli sistem yang tidak menampilkan laporan penjualan terperinci

Sistem POS yang baik, tidak cukup yang hanya membuat catatan dari semua transaksi penjualan Anda. Untuk menjalankan bisnis menguntungkan, Anda harus memiliki wawasan yang dapat ditindaklanjuti misal sistem bisa menyediakan laporan penjualan harian yang dihasilkan. Dengan bantuan laporan yang terperinci, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi kinerja item toko Anda yang optimal dan kurang optimal.

Membeli hardware dulu

Sering kali pemilik bisnis membuat kesalahan dengan membeli hardware POS sebelum memilih sistem perangkat lunak. Ingat bahwa tidak semua software kompatibel dengan semua hardware. Semua software memiliki permintaan spesifikasi minimum hardware untuk software bisa berjalan dengan stabil. Selain itu, bisa jadi setiap program perangkat lunak hanya akan bekerja dengan jenis tertentu dari scanner, printer dan pembaca kartu. Pastikan untuk membeli perangkat lunak Anda terlebih dahulu dan kemudian membeli perangkat keras yang disarankan.