Bagi yang ingin memasang kamera keamanan seperti CCTV, tentu harus menentukan kamera apa yang diperlukan. Karena, ada dua jenis kamera yang digunakan untuk mengawasi rumah anda, Indoor dan Outdoor.

Kedua jenis kamera ini memiliki banyak fitur yang sama seperti, ukuran, bentuk dan desain yang cukup banyak dan universal. Namun, ada beberapa poin yang perlu dipertimbangkan ketika Anda memilih outdoor atau indoor. Pada artikel ini akan banyak membahas tentang kamera mana yang lebih anda butuhka bukan membahas mengenai kamera mana yang lebih baik. Karena, kedua jenis kamera ini memiliki kelebihan masing-masing.

Pencahayaan
Masalah pencahayaan adalah salah satu keluhan terbesar yang sering dikeluhkan orang ketika membeli kamera untuk digunakan baik indoor maupun outdoor. Pencahayaan akan menentukan kualitas dari gambar yang dihasilkan terutama pada pencahayaan yang sedikit atau saat malam hari. Pencahayaan akan menentukan jenis kemara indoor atau outdoor seperti apa yang anda butuhkan.

Jika Anda membutuhkan fitur night vision, Kamera dengan mode night vision akan memiliki kemampuan untuk mengumpulkan cahaya dari sumber-sumber yang tidak bisa ditangkap oleh kamera biasa. Sumber-sumber cahaya tersebut misalnya cahaya yang berasal dari bulan, bintang, atau lampu yang ada di sekitar objek. Nah dari cahaya-cahaya yang lemah ini, kamera akan mengumpulkan cahaya tersebut dan meningkatkan intensitasnya sehingga lensa bisa menangkap objek dengan lebih jelas. Selain menggunakan teknik pengumpulan cahaya ini, kamera night vision juga bisa menggunakan infrared yang prinsipnya adalah mengumpulkan gelombang elektromagnetik yang tidak bisa ditangkap oleh manusia. Jika anda ingin memantau lokasi atau ruang yang anda sendiri tidak dapat melihat apa-apa dengan mata telanjang, maka anda membutuhkan sebuah kamera yang memiliki kemampuan infrared.

Kualitas Gambar atau Video
Saat ini ada begitu banyak jenis kamera keamanan yang memberikan fitur kualitas gambar yang tinggi atau high definition (HD). Kamera outdoor untuk memantau lokasi diluar ruangan perlu memiliki resolusi yang tinggi, karena kamera outdoor sering berurusan dengan benda yang bergerak seperti kendaraan ataupun detail dari wajah.
Jika anda memprioritaskan kualitas dan detail dari gambar atau video dihasilkan, saran kami adalah ketika anda membeli kamera keamanan maka harus memastikan kamera memiliki resolusi yang tinggi salah satunya adalah IP Kamera, kemera Ultra High Resolution atau bisa kemera yang memiliki fitur 4K, tetapi tentu saja kemera jenis ini lebih mahal.

Kondisi Lingkungan
Kondisi lingkungan lebih berfokus pada kemera jenis outdoor, dua hal yang sering kita dengar adalah istilah “weather resistant” atau “weatherproof”. Kamera outdoor bersifat weather resistant yaitu, dapat tahan air dan cuaca. Karena, kamera outdorr biasanya memiliki payung pelindung dari baja untuk melindungi lensa dibawahnya.