Instalasi kabel merupakan bagian terpenting dalam instalasi CCTV berbasis wired.Pengetahuan akan Instalasi yang baik dan benar akan sangat menunjang keberhasilan dalam instalasi CCTV.Berikut tips singkatnya :

1. Akan lebih baik jika menggunakan kabel hanya satu jalur jika memungkinkan, dan leih baik  jika mengurangi jumlah sambungan untuk kabel.

Dengan menggunakan satu jalur khusus untuk CCTV akan membuat sistem CCTV lebih terhindar terhadap “Interfrensi” yang menyebabkan gangguan gambar pada CCTV.Terutama jalur yang bersamaan dengan jalur kabel listrik.
Jumlah sambungan sangat mempengaruhi hasil gambar dari CCTV.Untuk itu disarankan meminimalkan sambungan pada kabel.

2.Dalam pemasangan dianjurkan untuk inspeksi jalur yang akan dilalui oleh kabel

Dengan inspeksi jalur kabel kita dapat lebih mengetahui jalur yang akan dilalui kabel dan dapat memperkirakan jumlah panjang kabel yang akan digunakan.

3.Dianjurkan untuk menggunakan pelindung kabel/cable duck tergantung dari besar dan jumlah kabel yang terpasang.

Pelindung kabel dapat membuat umur kabel lebih awet dan lebih tahan dari kerusakan.
Terlebih Untuk diluar/outdoor disarankan menggunakan pelindung kabel yang terbuat dari logam.

4. Apabila memasang kabel pada tanah, minimal sedikitnya 50-150mm kedalaman kabel yang ditanam, dan menggunakan pasir untuk menutupi kabel. Kabel yang melewati batu keras ditanam dengan kedalaman 300mm, untuk kabel yang melewati jalan ditanam dengan kedalaman 1m. Untuk keperluan umum (tergantung kondisi) ditanam dengan kedalaman 400-600mm dengan bantalan pasir 100-300mm.